Kadar Protein Kasar Dan Fermentabilitas Secara In Vitro Jerami Tanaman Kedelai Yang Ditanam Dengan Penyiraman Air Laut Dan Mulsa Eceng Gondok

A. Fauzi, Surahmanto Surahmanto, A. Darmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kadar protein kasar, produksi volatile fatty acids (VFA) dan amonia (NH3) secara in vitro jerami kedelai yang ditanam dengan perlakuan penyiraman air laut dan mulsa eceng gondok. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap Pola Faktorial 4x2 dengan 4 ulangan. Faktor pertama adalah level penyiraman air laut yang terdiri dari L0 (tanpa air laut/air tawar), L1 (air laut EC 1 mmhos/cm), L2 (air laut EC 1,5 mmhos/cm), dan L3 (air laut EC 2 mmhos/cm). Faktor kedua adalah pemberian dosis mulsa eceng gondok yang terdiri dari M1 (tanpa mulsa) dan M2 (mulsa eceng gondok dosis 4 ton/ha), Data dianalisis ragam (ANOVA) dan untuk mengetahui perbedaan antar perlakuan dilanjutkan dengan uji Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh interaksi yang nyata terhadap kadar protein kasar. Data produksi VFA dan NH3 menunjukkan ada pengaruh yang nyata (P<0,05) dengan level penyiraman air laut, tetapi pada perlakuan pemberian mulsa menunjukkan tidak ada pengaruh yang nyata (P>0,05) dan juga tidak ada interaksi antara kedua perlakuan tersebut. Kesimpulan penelitian ini adalah perlakuan penyiraman level air laut menurunkan nilai kadar protein kasar tetapi perlakuan tersebut dapat menaikkan nilai produksi VFA dan NH3. Perlakuan pemberian mulsa eceng gondok menurunkan nilai kadar protein kasar dan produksi NH3 tetapi perlakuan tersebut menaikkan produksi VFA.

Keywords


Jerami kedelai; air laut; mulsa eceng gondok; fermentabilitas; in vitro.

Full Text:

PDF

References


Arora, S.P. 1995. Pencernaan Mikroba pada Ruminansia. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta. (Diterjemahkan oleh Retno Murwani dan Editor Bambang Srigandono).

Direktorat Gizi Depkes RI, 1996. Daftar Komposisi Bahan Makanan. Bhratara Karya Aksara, Jakarta.

Dudik Harnowo, 2015. https://ugm.ac.id /id/berita/9987-produksi.kedelai. nasional. masih.rendah . Diakses tanggal 07 Mei 2015.

Hudhia, N. K Dan Uum U. 2006. Identifikasi dan evaluasi kandungan nutrisi Istimewa Yogyakarta. Prosiding. Seminar Nasional Teknologi Peternakan Dan Veteriner 2006.

Junaidi Imam., Sartono Joko Santosa, dan Endang S.S. 2013. Pengaruh macam mulsa dan pemangkasan terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman semangka (Citrullus vulgaris schard), Fakultas Pertanian Unisri Surakarta, Jurnal Inovasi Pertanian Vol. 12, No. 2.

Lingga, P. dan Marsono. 2009. Petunjuk Penggunaan Pupuk. Penebar Swadaya, Depok

Purwowidodo. 1983. Teknologi Mulsa. Dewaruci Press, Jakarta.

Rahmadi, D., Sunarso, J. Achmadi, A. Muktiani, M. Christiyanto dan Surono. 2003. Ruminologi Dasar. Jurusan Nutrisi dan Makanan Ternak Fakultas Peternakan Universitas Diponegoro, Semarang.

Sutardi, T., N. A. Sigit dan T. Toharmat. 1983. Standarisasi Mutu Protein Bahan Makanan Ternak Ruminansia, Berdasarkan Parameter Metabolismenya oleh Mikrobia Rumen. Proyek Pengembangan Ilmu dan Teknologi. Ditjen Pendidikan Tinggi, Jakarta.

Tanuwiria, U. H., Ayuningsih Budi dan Mansyur. 2005. Fermentabilitas dan kecernaan ransum lengkap sapi perah berbasis jerami padi dan pucuk tebu teramoniasi (in vitro). Jurnal Ilmu Ternak, Vol. 5 (2): 6469.

Tillman, A. D., H. Hartadi, S. Reksohadiprojo, S. Prawirokusumo, dan S. Lebdosoekojo. 1998. Ilmu Makanan Ternak Dasar. Edisi 6. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Yufdy, M.P dan A. Jumberi. 2010. Pemanfaatan hara air laut untuk memenuhi kebutuhan tanaman. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sumatra Utara dan Balai Penelitian Lahan Rawa Banjar Baru, Sumatra Utara.




DOI: https://doi.org/10.36626/jppp.v13i24.81

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pengembangan Penyuluhan Pertanian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pengembangan Penyuluhan Pertanian

 

UPPM Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan Yoma)

Jl.Magelang Kopeng Km7, kotak pos 152, Tegalrejo Magelang 56101
Telp. 0293-364188, Fax 0293-364188.