Pengaruh Desain Kemasan Produk Kopi Dellimas Arabica Coffee Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Di Kelompok Tani Sumbing Makmur Desa Kemloko Temanggung - Jawa Tengah)

Rosa Zulfikhar, Muzizat Akbarrizki, Fabiana Mentari Putri Wijaya, Nurdayati Nurdayati

Abstract


Produk Kopi Delimas adalah program Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) bernama Sumbing Makmur yang berada di Desa Kemloko Temanggung. Potensi kopi di Kemloko dapat dikenal lebih luas oleh pecinta kopi di Indonesia. Selain hal tersebut untuk menciptakan suatu produk dengan cara membranding ciri khas tertentu tidaklah mudah, sehingga dibutuhkan kemasan desain produk yang konsisten dan berdaya saing terutama dalam segi kualitas produk yang dihasilkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat beli masyarakat pengguna produk kopi dellimas. Mengetahui pengaruh kemasan produk kopi dellimas yang terdiri dari desain gambar, bahan/ material, bentuk pembungkus, terhadap minat beli masyarakat pengguna produk kopi dellimas. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif untuk mengukur minat konsumen dan analisis regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh, dengan jumlah sample 50 responden. Teknik pengambilan sample menggunakan metode purposive random sampling dengan kriteria merupakan anggota gapoktan sumbing makmur yang pernah membeli produk kopi Dellimas. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil minat konsumen tinggi. Desain gambar memiliki pengaruh yang signigikan terhadap minat konsumen dengan signifikansi 0,011 (p < 0,05). Sedangkan untuk variable bahan/material (X2) dan bentuk pembungkus (X3) memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap minat konsumen. Sinpulan dalam penelitian ini adalah minat konsumen terhadap desian kemasan produk kopi dellimas tinggi. Kemasan produk kopi dellimas berpengaruh signifikan (p < 0.05) terhadap minat beli masyarakat pengguna produk kopi dellimas. Desain gambar berpengaruh signifikan (p<0,05) terhadap minat beli konsumen, sedangkan bahan / material dan , bentuk pembungkus tidak berpengaruh signifikan. 


Keywords


desain gambar pembungus kemasan; bentuk pembungus kemasan; bahan pembungus kemasan; minat beli konsumen

Full Text:

PDF

References


Abecassis-Moedas, C. (2006). Integrating design and retail in the clothing value chain. An Empirical study of the organisation of design. International Journal of Operations & Production Management, 26, pp. 412-428. Abecassis-Moedas, C. And Ben

Mahmoud-Jouini, S. (2008). Absorptive Capacity and SourceRecipient Complementarity in Designing New Products: An Empirically Derived Framework. Journal of Product Innovation Management, 25, pp. 473-490. Abernathy, W. J., and Utterback,

J. M. (1978). Patterns of Industrial Innovation, Technology Review, June-July, pp. 40-47. Abhilasha Pathak, The book of The cognitive power of product Packaging, this IOSR Journal of

Business and Management (IOSRJBM) e-ISSN: 2278-487X, p-ISSN: 2319-7668. Volume 16, Issue 7. Ver. II (July. 2014), PP 61-64

Baldwin, C. Y., Hienerth, C. And Von Hippel, E. (2006). How user innovations become commercial products: A theoretical investigation and case study. Research Policy, 35, pp. 12911313.

Christine Suharto Cenadi, Buku Peranan desain kemasan dalam dunia pemasaran, desain NIRMANA Vol. 2, No. 1, Januari 2000: 92 — 103.

Collopy, F. (eds.) Managing as Designing, Stanford CA: Stanford University Press, Davoud Feiz, Azim Zarei, Bijan Rezaei, The Book - Effect of Packaging on Purchase Intention of Consumer (Case Dtudy: Date Products in Shiraz), Arth Prabhand: A Journal of Economics and Management, Vol. 3 Issue 11 November 2014,

ISSN 2278-0629, pp. 236-246(Special Issue on Basic and Applied Sciences).

Dell’Era, C., Marchesi, A. and Verganti, R. (2010). Mastering technologies in design-driven innovation. ResearchTechnology

Management

Ewenstein, B.J., and Whyte, J. (2007). Beyond Words: Aesthetic

Knowledge and Knowing in Organizations, Organization Studies

Franke, N. And Schreier, M. (2008). Product uniqueness as a driver of customer utility in mass customization. Marketing Letters, Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, Buku Manajemen Pemasaran, PT. Indeks, Jakarta, 2003.

Imam, Ghozali, (2006). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan cara Program SPSS, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Klimchuk, Marrianne Rosner and Krasovec Sandra A. 2007. Desain Kemasan Erlangga. Jakarta

Kemenparekraf, Panduan Pendirian Usaha Desain Kemasan. Edisi 1 tahun 2017, Gedung Kementerian BUMN, Jl.Medan Merdeka Selatan, sekretariat deputi 5 bekraf.

Kotler, Philip Gary Armstrong. 2008, Buku Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 12 Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Marjan Abbasi, The book-The Effect of Packaging Factors on Customer Purchase Intention with Cognitive — Perceptual Approach (Case Study: Manufacturing - Commerce Firms at Industrial City Of Abbas Abad of Tehran), International journal of humanities and cultural studies.

Michel, C., Velasco, C., Gatti, E., & Spence, C. (2014). A taste of

Kandinsky: Enhancing expectations and experience through the use of art-inspired food presentation. Flavour

Tjiptono, Fandy, (2001), Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Andi, Edisi Ketiga, Cetakan Kesatu.

Velasco, C., Salgado-Montejo, A., Marmolejo-Ramos, F., & Spence, C. (2014) Predictive packaging design: Tasting shapes, typographies, names, and sounds. Food Quality and Preference, 34, 88-95.

Wang, X., Velasco, C., Mu, B., Woods, A., Michel, C., & Spence, C. (2014). Does the shape of the glass influences the crossmodal association between colour and flavour? A cross-cultural study. Flavour, 3, 3.

Velasco, C., Wan, X., Salgado-Montejo, A., Woods, A., Onate, G., Mi, B., & Spence, C. (2014). The context of colour-flavour associations in crisps packaging: A crosscultural study comparing Chinese, Colombian, and British consumers. Food Quality and Preference, 38, 49-57

Velasco, C., Woods, A., Deroy, O., & Spence, C. (2015). Hedonic mediation of the crossmodal correspondence between taste and shape. Food Quality and Product Cosmetics Sariayu Preference Martha Tilaar Di Kota Padang”.

Yulindo Kenshi, 2012. “Pengaruh Atribut Jurnal nasional. Atribut produk Terhadap keputusan Pembelian Green




DOI: https://doi.org/10.36626/jppp.v17i32.560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pengembangan Penyuluhan Pertanian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pengembangan Penyuluhan Pertanian

 

UPPM Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan Yoma)

Jl.Magelang Kopeng Km7, kotak pos 152, Tegalrejo Magelang 56101
Telp. 0293-364188, Fax 0293-364188.