slot gacor
Analisis Bauran Pemasaran Usaha Ayam Petelur Di Kecamatan Sangata Utara Kabupaten Kutai Timur | Ariansyah | Jurnal Pengembangan Penyuluhan Pertanian

Analisis Bauran Pemasaran Usaha Ayam Petelur Di Kecamatan Sangata Utara Kabupaten Kutai Timur

Joni Ariansyah, Mey Anggraeni Tamal, Agus Purwandi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan bauran pemasaran dalam
pemasaran telur ayam ras di peternakan Awang Long Farm Sangatta Utara
Kabupaten Kutai Timur Kalimantan Timur berdasarkan aspek pasar, produk, promosi,
dan tempat. Pelaksanaan penelitian dimulai dari bulan April sampai Mei tahun 2021
di Peternakan Awang Long Farm Desa Sangatta Utara. Pada penelitian ini, purposive
sampling digunakan sebagai teknik sampling, Objek penelitian dipilih secara sengaja
(purposive) dengan pertimbangan bahwa peternakan Awang Long Farm merupakan
salah satu peternakan yang baru beroperasi dan memiliki sekitar 6000 ekor ayam
petelur. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan metode skoring
menggunakan Skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan bauran
pemasaran (marketing mix) dalam pemasaran telur ayam ras yang terdiri atas empat
aspek pemasaran yaitu produk, harga, tempat dan promosi pada peternakan Awang
Long Farm tergolong baik dengan nilai 29 yang berada pada interval nilai 26.7 – 37.3.


Keywords


Analisis, bauran pemasaran, ayam petelur, kutai timur

Full Text:

PDF

References


BPS (Badan Pusat Statistik) Kutim. 2020. Kutai Timur Dalam Angka. Badan Statistik Kabupaten Kutai Timur. Sangatta.

Darmadi, H. 2014. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Alfabeta. Bandung.

Fernanda, A., dan Coiriyah. 2018. Analisis Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pada PT. Takaful Keluarga Cabang Palembang. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Syariah. Volume 3 Nomor 2 Edisi Februari.

Isniani. 2005. Model dan Strategi Pemasaran. NTP Press. Makassar.

Kotler, P., dan G. Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Erlangga. Jakarta.

Kotler, P., dan K.L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 13. Erlangga. Jakarta.

Kotler, P. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid I dan Jilid II Edisi Ke 11. PT Indeks. Jakarta.

Kotler, P., dan K.L. Keller. 2016. Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. PT Indeks, Jakarta.

Laksana. 2008. Analisa Hubungan Experintial Marketing Kepuasan Pelanggan Loyalitas Pelanggan Starbucks Cofee di Surabaya Town Square. Jurnal Manajemen Pemasaran. 2(2):1-11.

Nelfianti, F. 2021. Analisis Bauran Pemasaran Produk Plat Stainless Steel. Jurnal Administrasi Bisnis. Volume 1 Nomor 2.

Notoadmodjo. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Rineka Cipta. Jakarta.

Putra, G.S. 2019. Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dengan Menggunakan 4P (Suatu Studi Pada CV. Sportwear di Kota Bandung). Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Galuh. Ciamis.

RI ESSO, Andi Sawe. 2017. Analisis Strategi Pemasaran Telur Pada Peternakan Ayam Ras Skala Besar di Kabupaten Sidrap. Jurnal Ilmiah Pena Sains dan Ilmu Pendidikan. v. 8, n. 2, p. 177-132.

Rosa Zulfikhar dkk. (2023) Journal of Innovation Research and Knowledge 2 (9), 3463-3468. Effect of Corporate Social Responbility and Profitability on Stock Prices. Bajang Journal, DOI: https://doi.org/10.53625/jirk.v2i9.5021

Rosa Zulfikhar, Muzizat Akbarrizki (2021) Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk. Prosiding Seminar Nasional Tahun 2021 1 (1) https://jurnal.polbangtanyoma.ac.id/pros2021yoma/article/view/732

Sudjana. 2008. The Impact of Marketing Mix (4Ps) on Warehousing Operations: Case Study of Unilever Nigeria PLC. American Journal of Business and Management, 2(2):155-159.

Swastha, B. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Cetakan Ke 8. Penerbit Liberty. Jakarta.

Warman, 2004. Manajemen Pergudangan. Pustaka Sinar Harapan. Jakarta.

Yuliawati, D. 2012. Analisis Strategi Pemasaran Pada UMKM Subsistem Agribisnis Bandeng (Chanos-Chanos) Presto di Kota Semarang. Tesis. Program Studi Agribisnis Program Pascasarjana. Universitas Diponegoro. Semarang.




DOI: https://doi.org/10.36626/jppp.v19i36.881

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pengembangan Penyuluhan Pertanian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pengembangan Penyuluhan Pertanian

 

UPPM Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan Yoma)

Jl.Magelang Kopeng Km7, kotak pos 152, Tegalrejo Magelang 56101
Telp. 0293-364188, Fax 0293-364188.