Analisis Pemasaran Lada (Piper nigrum) Di Desa Batu Timbau Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Kutai Timur

Rusmiyati - Rusmiyati, Istikomah - Istikomah, Mila - Sari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui saluran pemasaran lada di Desa Batu Timbau, (2) Untuk mengetahui marjin pemasaran lada di Desa Batu Timbau, (3) Untuk mengetahui efisiensi pemasaran lada di Desa Batu Timbau. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun 2021 di Desa Batu Timbau Kecamatan Batu Ampar dengan total responden sebanyak 38 petani lada. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pemasaran lada di Desa Batu Timbau Kecamatan Batu Ampar terdapat satu saluran yaitu dari petani-pengepul-konsumen. (2) Marjin pemasaran yang diperoleh dari masing-masing pengepul berbeda-beda. Pengepul dengan harga beli Rp 65.000/kg hasil marjin pemasarannya sebesar Rp 5.000/kg, sedangkan dengan harga beli Rp 70.000/kg hasil majin pemasarannya sebesar Rp 6.000/kg. (3) Efisiensi pemasaran pada tiga pengepul adalah 93,187%, 92,34%, 93,24%. Hal ini menunjukan bahwa saluran pemasaran tersebut tidak efisien karena efisiensi pemasaran ketiga pengepul dalam saluran ini lebih dari 50%.

Keywords


Efisiensi pemasaran; Lada; Margin; Pemasaran

Full Text:

PDF

References


Arbi, M., Thirtawati, T., & Junaidi, Y. (2018). Analisis Saluran Dan Tingkat Efisiensi Pemasaran Beras Semi Organik Di Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin. JSEP, 1(11).

Arman, I., Butar-butar, Y., Lumbantobing, E., & Tampubolon, I. L. (2020). Pemasaran Biji Kopi Arabika di Kabupaten Humbang Hasundutan. Jurnal Agrica Ekstensia, 14(2), 105–112.

Asmarantaka, R. W. (2014). Pemasaran Agribisnis (Agrimarketing. IPB Press.

Bastos, L. P. H. (2020). Encapsulation of black pepper (Piper nigrum L.) essential oil with gelatin and sodium alginate by complex coacervation. Food Hydrocolloids, 102. https://doi.org/10.1016/j.foodhyd.2019.105605

Bukhari. (2020). Analisis pemasaran beras di Kecamatan Babulu Kabupaten Penajam Paser Utara. Studi kasus di Desa Sumber Sari dan Sri Raharja. Skripsi. Universitas Mulawarman. com/read/2021/10/08/ 160741926/. (2021). https://money.kompas.

Desiana, C., Rochdiani, D., & Pardani, C. (2017). Analisis Saluran Pemasaran Biji Kopi Robusta (Suatu Kasus di Desa Kalijaya Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 4(2), 162–173.

Dessie, A. B. (2019). Analysis of red pepper marketing: evidence from northwest Ethiopia. Journal of Economic Structures, 8(1). https://doi.org/10.1186/s40008-019-0156-0

dkk, R. (2015). Analisis Pemasaran Lada Perdu. AGROINFO GALUH. Desa Marga Mulya.

Fitrah, H. (2013). Analisis Pemasaran Agribisnis Lada Di Desa Mangkauk Kecamatan Pengaron Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan. Fakultas Pertanian. Universitas Ahmad Yani. Banjarbaru.

Gobie, W. (2019). A seminar review on red pepper (Capsicum) production and marketing in Ethiopia. Cogent Food and Agriculture, 5(1). https://doi.org/10.1080/23311932.2019.1647593

Khaswarina, S., Kusumawaty, Y., & Eliza. (2018). Analisis Saluran Pemasaran dan Marjin Pemasaran Bahan Olahan Karet Rakyat (Bokar) di Kabupaten Kampar. Seminar Nasional Pembangunan Pertanian dan Pedesaan.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Pretice Hall, Inc. Lanen, W. N., Anderson, S. W., & Maher, M. W. (2017). Dasar-Dasar Akuntansi Biaya. Salemba Empat.

Manap, A. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama.

Mediatani. (2015). Cara Sukses Menanam Lada Dengan Mudah. http://mediatani.

Mulyadi. (2015). Akutansi Biaya. Edisi Lima. UPP STIM KPN. Mursid, M. (2019). Manajemen Pemasaran. Bumi Aksara.

Nasution, A. H. (2021). Marketing efficiency of red chilli pepper in North Sumatera Province. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 782(2). https://doi.org/10.1088/1755-1315/782/2/022029

Permana, D. B., & Lestari, W. (2017). Akuntansi Biaya Dalam Perspektif Manajerial. PT Raja Grafindo Persada.

Purwaji, A. W. dan H. M. (2016). Pengantar Akuntansi. Edisi Kedua. Salemba Empat. Ahma.

Rahmanta. (2014). Ekonomi Pertanian. USU Press. Sánchez-Toledano, B. (2022). Productive break-even point and marketing margins of the jalapeño peppers producer (Capsicum annuum ‘jalapeño’) in Mexico. Revista de La Facultad de Agronomia, 39(2). https://doi.org/10.47280/RevFacAgron(LUZ).v39.n2.12

Shah, S. (2018). Subject profile assessment of cases recommended with nutritional supplement containing red yeast rice, grape seed extract and black pepper extract: A prospective, multicentric, post-marketing study. Journal of Association of Physicians of India, 66, 45–52.

Sutiyana, I. (2019). Pola Saluran Pemasaran dan Farmer’s Share Jambu Air CV. Camplong. Jurnal Hexagro, 3(2), 33–38. https://doi.org/10.36423/hexagro.v3i2.277.

Takooree, H. (2019). A systematic review on black pepper (Piper nigrum L.): from folk uses to pharmacological applications. Critical Reviews in Food Science and Nutrition, 59. https://doi.org/10.1080/10408398.2019.1565489

Tantawy, A. H. (2020). Novel synthesized cationic surfactants based on natural piper nigrum as sustainable-green inhibitors for steel pipeline corrosion in CO2-3.5%NaCl: DFT, Monte Carlo simulations and experimental approaches. Journal of Cleaner Production, 250. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2019.119510

Timur, B. P. S. K. K. (2021). Kabupaten Kutai Timur Dalam Angka 2021.

Zarliani, W. O. Al. (2023). Behavior and Marketing Analysis of Pepper (Piper nigrum L.): A Comparative Study of Farmers, Trading Districts and Retailers in Southeast Sulawesi, Indonesia. Caraka Tani: Journal of Sustainable Agriculture, 38(1), 14–25. https://doi.org/10.20961/carakatani.v38i1.59193




DOI: https://doi.org/10.36626/jppp.v20i2.1066

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pengembangan Penyuluhan Pertanian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pengembangan Penyuluhan Pertanian

 

UPPM Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan Yoma)

Jl.Magelang Kopeng Km7, kotak pos 152, Tegalrejo Magelang 56101
Telp. 0293-364188, Fax 0293-364188.