Penggunaan Media Instructional Video dalam Penyuluhan terhadap Perubahan Perilaku Peternak di Desa Krogowanan Kecamatan Sawangan

Suharti Suharti, Dandy Noviansyah, Acep Perdinan

Abstract


Diperlukan pelaksanaan penyuluhan yang efektif untuk meningkatkan perilaku peternak dalam menerima manfaat penyuluhan. Salah satu bentuk media penyuluhan efektif yang dikembangkan dalam proses pembelajaran adalah media audio visual berbasis model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media instructional video, perubahan perilaku peternak sebelum dan sesudah penyuluhan, serta efektivitas penyuluhan dan perubahan perilaku dalam pembuatan vermiwash melalui media instructional video berbasis model ADDIE. Sampel sebanyak 35 orang peternak diambil dengan metode purposive random sampling. Teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan statistik menggunakan uji wilcoxon. Hasil penilaian kelayakan media penyuluhan instructional video tentang pembuatan vermiwash pada kategori sangat layak dengan nilai total sebesar 67. Nilai efektivitas penyuluhan dalam pembuatan vermiwash melalui media instructional video sebesar 74,76% pada kategori efektif, sedangkan nilai efektivitas perubahan perilaku peternak sebesar 57,07% pada kategori cukup efektif. Hasil analisis uji wilcoxon menunjukkan bahwa terjadi perubahan perilaku (pengetahuan, sikap, dan keterampilan) peternak secara signifikan (p≤0,05) sebelum dan sesudah penyuluhan dalam pembuatan vermiwash melalui media instructional video berbasis model ADDIE di Desa Krogowanan Kecamatan Sawangan.


Keywords


ADDIE; Instructional video; Penyuluhan; Perilaku petani; Vermiwash

Full Text:

PDF

References


Amanda, V. 2013. Perancangan Media Penyuluhan Pertanian (Studi Kasus: Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Pertanian Kabupaten Bengkalis Riau). Naskah Publikasi. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM. Yogyakarta.

Branch, Robert Maribe. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. Sringer, New York.

Derana, P. B., dan Hadiyanto. 2018. Preferensi Penyuluh Pertanian dalam Menggunakan Media Komunikasi. Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, 2(6), 803–812.

Fadhilah, M.I., B.T. Eddy, dan S. Gayatri, 2018, Pengaruh Tingkat Pengetahuan Sikap dan Keterampilan Penerapan Sistem Agribisnis Terhadap Produksi Pada Petani Padi di Kecamatan Cimanggi Kabupaten Cilacap, Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, Voll. 2, No. 1, 39-49.

Ginting. 1993. Pokok Pikiran Penerapan Metode Penelitian Sosial Dalam Kuliah Kerja Lapang. Universitas Brawijaya, Malang.

Gusti, I. M., Gayatri, S., & Prasetyo, A. S. (2022). Pengaruh Umur, Tingkat Pendidikan dan Lama Bertani terhadap Pengetahuan Petani Mengenai Manfaat dan Cara Penggunaan Kartu Tani di Kecamatan Parakan. Jurnal Litbang Provinsi Jawa Tengah, 19(2), 209–221.

Indraningsih, K.S. 2016. Pengaruh Penyuluhan Terhadap Keputusan Petani Dalam Adopsi Inovasi Teknologi Usahatani Terpadu, Jurnal Agro Ekonomi, No. 1, Vol. 29.

Khosiyono, B. H. 2022. Teori dan Pengembangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital Di Sekolah Dasar. Deepublish, Yogyakarta.

Manyuchi MM, Phiri A, Muredzi P, Chitambwe T. 2013. Com- parison of vermicompost and vermiwash bio-fertilizers from vermicomposting waste corn pulpJournal of Agricultural and Biosystems Engineering 7(6): 389-392.

Mardikanto, T. 2009. Sistem Penyuluhan Pertanian. Sebelas Maret University Press, Surakarta. Notoatmodjo, 2012. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta, Jakarta.

Nurseto, T. 2011. Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan.

Nurdayati, N., Wulandari, A., & Supriyanto, S. 2022. Pengaruh Karakteristik Inovasi Terhadap Persepsi Peternak dalam Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) Urine Sapi Potong di Desa Bumiharjo Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang. Jurnal Penelitian Peternakan Terpadu, 3(5), 134-148.

Peraturan Menteri Pertanian Nomor 03 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyelenggaraan Penyuluhan Pertanian. Direktur Jenderal Peraturan Perundang-Undangan Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Jakarta.

Prawesti, I., Haryanti, F. dan Lusmilasari, L. 2018. Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Menggunakan Video dan Brosur terhadap Literasi Kesehatan Ibu. Belitung Nursing Journal, 4(6): 612–618.

Pribowo F S P. 2018. Pengembangan Instrumen Validasi Media Berbasis Lingkungan Sekitar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Vol.18 No.1.

Reyvalda, R., Rustandi, Y., dan Warnaen, A. 2019. Desain Media Penyuluhan Interaktif Berbasis Flash Player dengan Model ADDIE pada Materi Probiotik sebagai Pakan Aditif Sapi Perah. Jurnal Penyuluhan Pembangunan, 1(1), 64-70.

Romadi U. dan Hamyana. 2016. Persepsi Petani Terhadap Penggunaan Media Audio Visual dalam Pelaksanaan Penyuluhan (Studi Implementasi Penyuluhan di Kec. Junrejo Kota Batu Jawa Timur). Jurnal Penyuluhan Pertanian Vol. 11 No. 1.

Safei, A.M., Yati H., dan Bebet N. 2016. Pengaruh Karakteristik Individu Terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Petani Pada Produksi Benih Padi Di Kabupaten Indramayu, Buletin Hasil Kajian, Vol. 6, No. 06, 15-19.

Santoso. 2012. Manajemen Data Untuk Analisis Data Penelitian Kesehatan. Gosyeng Publishing, Yogyakarta. Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods).

Alfabeta, Bandung. 2016. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan Research and Development.

Alfabeta, Bandung. Suryabrata, S. 2019. Efek Media Massa. E-learning Universitas Bina Sarana Informatika, Jakarta.

Utomo, A. Y. dan Ratnawati, D. 2018. Pengembangan Video Tutorial dalam Pembelajaran Sistem Pengapian di SMK TAMAN VOKASI, 6 (1), 68-76.

Wibawanto W. 2017. Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Cerdas Ulet Kreatif. Jember

Zulfadli, Muyassir, dan Fikrinda. 2012. Sifat Tanah Terkompaksi Akibat Pemberian Cacing Tanah dan Bahan Organik. Jurnal Manajemen Sumberdaya Lahan, 1(1), 54–61.




DOI: https://doi.org/10.36626/jppp.v20i2.1058

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pengembangan Penyuluhan Pertanian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pengembangan Penyuluhan Pertanian

 

UPPM Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan Yoma)

Jl.Magelang Kopeng Km7, kotak pos 152, Tegalrejo Magelang 56101
Telp. 0293-364188, Fax 0293-364188.