slot gacor
Faktor — Faktor Bauran Pemasaran Susu Pasteurisasi Terhadap Volume Penjualan Susu Pasteurisasi Di Cv. Cita Nasional Kabupaten Semarang | A.S | Jurnal Pengembangan Penyuluhan Pertanian

Faktor — Faktor Bauran Pemasaran Susu Pasteurisasi Terhadap Volume Penjualan Susu Pasteurisasi Di Cv. Cita Nasional Kabupaten Semarang

Parida S A.S, Ekowati T, Sumekar W

Abstract


Tujuan riset ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran (produk, harga, promosi dan dsitribusi harga) terhadap volume penjualan susu dan menganalisis variabel bauran pemasaran yang dominan terhadap volume penjualan susu pasteurisasi CV. Cita Nasional. Metode yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data
dengan wawancara kepada responden yaitu manajer perusahaan. Hasil wawancara kepada manajer merupakan data primer yang berisi variasi produksi dan frekuensi promosi yang dilakukan. Data sekunder didapatkan berupa penjualan susu pasteurisasi, biaya produksi,
dan biaya yang dikeluarkan selama tiga tahun (2011-2013). Analisis data menggunakan analisis regresi berganda dan t-test.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa : Secara serempak susu pasteurisasi kemasan 150 ml variabel produk, harga, promosi dan biaya distribusi berpengaruh sangat nyata terhadap volume penjualan
(P< 0,05). Secara parsial pada penjualan susu pasteurisasi kemasan 150 ml, bahwa variabel produk berpengaruh nyata terhadap volume penjualan, variabel harga berpengaruh sangat nyata terhadap volume penjualan, variabel promosi berpengaruh sangat nyata terhadap
volume penjualan dan variabel biaya distribusi berpengaruh tidak nyata terhadap volume penjualan.Secara serempak susu pasteurisasi kemasan 170 ml, variabel produk, harga, promosi dan biaya distribusi berpengaruh sangat nyata terhadap volume penjualan.Secara
parsial pada penjualan susu pasteurisasi kemasan 170 ml, variabel produk berpengaruh sangat nyata terhadap volume penjualan (P< 0,01), variabel harga berpengaruh nyata terhadap volume penjualan, variabel promosi berpengaruh nyata terhadap volume penjualan dan variabel biaya distribusi berpengaruh sangat nyata terhadap volume penjualan (P <0,05).Variabel yang berpengaruh dominan terhadap volume penjualan susu pasteurisasi kemasan 150 dan 170 ml adalah produk variabel.


Kata kunci: Bauran pemasaran, Susu, Penjualan, Volume


Keywords


Bauran pemasaran; Susu; Penjualan;Volume

Full Text:

PDF

References


Ada, S., S. Machmud dan F. Fauziah. 2012. Pengaruh promosi dan distribusi terhadap volume penjualan (studi kausal PT Nikatsu electric works — Bandung). J. Ilmiah Penelitian Manajemen 10 (1) : 17 -33. Faktor — faktor Bauran Pemasaran Susu Pasteurisasi Terhadap Volume Penjualan Susu Pasteurisasi di CV. Cita Nasional Kabupaten Semarang 43

Dunia, F. A dan Wasilah. 2009. Akuntansi biaya. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Dyanarti, T. W. 2013. Analisis hasil kombinasi produk dan tingkat

penjualan dalam upaya memaksimalkan laba (studi kasus pada perusahaan roti 33 Di Sragen) http://eprints.ums.ac.id/24397/11/02 ._naskah_publikasi.pdf. Download 7

Mei 2015 pukul 20.00. Karim, A. 2010. Pengaruh biaya promosi terhadap peningkatan penjualan mebel jati “Amir” Di Palembang. J. Ilmiah 11 (2) : 1 — 9.

Santosa, P., B. dan Ashari. 2005. Analisis Statistik dengan Microsoft Exel dan PSS. Andi Yogyakarta, Yogyakarta.

Sarfi’ah, S. N. 2013. Menghitung Harga Pokok Penjualan. J.Manajemen 39 (2) : 80 - 90.

Utami. K. S., I. A. Haris dan M. Nuridja. 2014. Hubungan biaya saluran distribusi dengan volume penjualan produk semen gresik pada PT Surtikom Bhuana Perkasa.

Utari, W. 2011. Analisis strategi marketing mix PT Combiphar serta pengaruh terhadap peningkatan volume penjualan. J. Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis 2 (2) : 245 — 258.

Yusrina, R. 2013. Pengaruh harga jual terhadap volume penjualan dan dampaknya terhadap gross profit margin perusahaan (studi kasus untuk produk lemari type 3 pada perusahaan meubel jalil Tasikmalaya) http://journal.unsil.ac.id/ download.php?id=2551. Download 2 November 2014 pukul : 20.30.




DOI: https://doi.org/10.36626/jppp.v14i25.45

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pengembangan Penyuluhan Pertanian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pengembangan Penyuluhan Pertanian

 

UPPM Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan Yoma)

Jl.Magelang Kopeng Km7, kotak pos 152, Tegalrejo Magelang 56101
Telp. 0293-364188, Fax 0293-364188.