Persepsi Wanita Tani Terhadap Pembuatan Nata De Whey Susu Afkir dengan Kecambah Kacang Hijau

Suharti Suharti, Rahmawanti Anggun Savira Nasarani, Etty Nuri Hendrati

Abstract


                       

Penelitian dilaksanakan di Kelompok Tani Makmur Desa Karangtejo Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung pada 02 Maret 2020 hingga 02 Mei 2020. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui persepsi wanita tani Tani Makmur terhadap pembuatan nata de whey dari susu afkir dengan kecambah kacang hijau serta pengaruh faktor internal (umur, tingkat pendidikan, dan pengalaman berusahatani) terhadap persepsi wanita tani tersebut, dan juga tingkat efektivitas dari kegiatan penyuluhan pertanian. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan desain one shoot case study yakni dengan melakukan satu kali penyuluhan pertanian yang dilanjutkan dengan pengambilan post test menggunakan kuesioner persepsi kepada 32 wanita tani anggota Kelompok Tani Makmur yang diperoleh dengan purposive sampling. Variabel yang diduga mempengaruhi persepsi wanita tani meliputi umur, tingkat pendidikan, dan pengalaman berusahatani. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan deferensial dengan aplikasi SPSS 26. Hasil dari analisis deskriptif menunjukkan bahwa persepsi wanita tani terhadap pembuatan nata de whey dari susu afkir dengan kecambah kacang hijau termasuk kategori sangat baik dengan persentase 78,13% dan sisanya 21,88% masuk dalam kategori baik. Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa faktor umur, tingkat pendidikan, dan pengalaman berusahatani berpengaruh (P<0,05) secara simultan terhadap persepsi wanita tani. Pengujian secara parsial menunjukkan bahwa umur dan tingkat pendidikan berpengaruh secara signifikan (P<0,05). Koefisien regresi variabel umur dan tingkat pendidikan berturut-turut sebesar 3,467 dan 4,441. Sedangkan pengalaman berusahatani tidak berpengaruh secara signifikan (P>0,05). Efektifitas penyuluhan sebesar 88,66% dengan kategori efektif.


Keywords


Penyuluhan pertanian, Persepsi wanita tani, Efektifitas, Nata de whey, Susu afkir, Kecambah kacang hijau.

Full Text:

PDF

References


Apriliyawati, W. 2017. Pengaruh Usis Produktif, Tingkat Pendidikan, dan Motivasi Pekerja Wanita Terhadap Pendapatan Keluarga (Studi Kasus: Pengrajin Eceng Gondok Di Desa Pleret, Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulon Progo, DIY). Skripsi. Universitas Sunan Kalijaga. Yogyakarta.

Ginting. 1993. Metodologi KKL. Mahasiswa APP Penanggungan Malang.

Hasbullah. 2005. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan(edisirevisi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Imamsyah, B., Listyowati, A A., Hartati, P. 2019. Persepsi Peternak Terhadap Pemberian Tepung Fermentasi Isi Rumen Sebagai Campuran Pakan Itik Pedaging. Jurnal Penelitian Peternakan Terpadu. Vol 1 (1). Hal 22-31.

Irsa, R. 2017. Perseppsi Petani Dan Efektivitas Kelompok Tani Dalam Program Upsus Pajale Di Kecamatan Banjar Baru Kabupaten Tulang Bawang. Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Lampung. Diakses 20 Januari 2020. http:// digilib.unila. ac.id/27523/ 14/ SKRIPSI20TANPA20BAB20PEMBAHASAN.pdf.

Jayanti, S.A.A, dan Netra. 2012. Pengaruh Prestasi Kerja,Pendidikan, Pengalaman Kerja, Pengenalan, dan Kesempatan untuk Tumbuh TerhadapPengembangan Karir PNS pada Kantor Dinas Ketentraman Ketertiban dan Satuan PolisiPamong Praja Kota Denpasar. Jurnal Ekonomi Universitas Udayana, Bali.

Kamil, P.M. 2018. Perbedaan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pencernaan pada Manusia dengan Menggunakan Media Power Point dan Media Torso. Jurusan Pendidikan Biologi FKIP. Universitas Siliwangsi. Tasikmalaya.

Lestari, E. 2009. Adopsi Inovasi Sebagai Faktor yang Berperan dalam Perubahan Sosial. Fakultas Pertanian. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Mardikanto, T. 2009. Sistem Penyuluhan Pertanian. Sebelas Maret University Press, Surakarta.

Pranata, H. 2018. Pengaruh Pendidikan, Upah, Usia, Dan Masa Kerja Terhadap Produktivitas Tenaga Kerja (Studi Kasus Pada Unit Industri Rokok Cerutu Bobbin Kabupaten Jember). Universitas Brawijaya. Malang.

Rakhmat, J. 2003. Psikologi Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian dan Pendidikan (Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta, Bandung.

. 2010. Metode Penelitian dan Pendidikan (Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta, Bandung.

Tubagus, R. A, dkk. 2018.Karakteristik Fisik Dan Kimia Nata De Milko Dari Susu Substandar Dengan Variasi Lama Inkubasi. Fakultas Peternakan. Unpad./

Usman, M. 2008. Strategi Pembelajaran. Erlangga: Jakarta.

Wahyuni, S. 2002. Hubungan Karakteristik dan Perilaku Komunikasi Petani dengan Persepsinya Terhadap Inovasi Teknologi Alat dan Mesin Pertanian. Tesis. Program Pascasarjana. Institut Pertanian Bogor, Bogor.




DOI: https://doi.org/10.36626/jppp.v17i31.420

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pengembangan Penyuluhan Pertanian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pengembangan Penyuluhan Pertanian

 

UPPM Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan Yoma)

Jl.Magelang Kopeng Km7, kotak pos 152, Tegalrejo Magelang 56101
Telp. 0293-364188, Fax 0293-364188.