Kaji Terap Penggemukan Itik Jantan Dengan Perbaikan Formulasi Pakan Dan Pemanfaatan Bahan Pakan Lokal Untuk Meningkatkan Pendapatan Peternak

Abu Zaenal Zakariya

Abstract


Kebutuhan daging itik dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Namun tingginya biaya pakan menjadi kendala bagi masyarakat untuk membudidayakannya. Pengkajian perbaikan formulasi pakan dan pemanfaatan bahan pakan lokal dalam penggemukan itik jantan yang dilaksanakan langsung di masyarakat merupakan salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pengkajian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pakan dalam meningkatkan pendapatan peternak. Kegiatan ini dilakukan dengan membandingkan performa itik yang diberi pakan sesuai dengan kebiasaan peternak dan itik yang diberi pakan sesuai formulasi BPTP. Data yang diperoleh dianalisis dengan Independent T test. Analisa ekonomi untuk masing-masing metode pemeliharaan juga dilakukan. Hasil kaji terap menunjukkan bahwa berat badan pada akhir masa pemeliharaan antar perlakuan tidak berbeda nyata. Tetapi hasil analisis ekonomi menunjukkan hal yang berbeda, pemeliharaan dengan cara peternak mendapatkan keuntungan sebesar Rp250/ekor, sedangkan pemeliharaan dengan cara BPTP memperoleh keuntungan sebesar Rp1400/ekor. Dari hasil kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa meskipun ternak memiliki berat badan yang sama di akhir pemeliharaan, namun budidaya itik jantan dengan cara BPTP lebih menguntungkan dibanding dengan cara peternak. Dengan cara ini peternak dapat lebih yakin akan metode yang dilakukan karena mereka melakukannya sendiri.


Keywords


itik jantan, pakan lokal, formulasi pakan, menguntungkan

Full Text:

PDF

References


Aprilianti, E, I Mangisah, and VDYB Ismadi. 2017. 'Pengaruh Penggunaan Limbah Kecambah Kacang Hijau Terhadap Kecernaan Protein Kasar, Kecernaan Serat Kasar Dan Pertambahan Bobot Badan Itik Magelang', Agromedia, 35.

Arianti, Arianti, and Arsyadi Ali. 2009. 'Performans Itik Pedaging (Lokal X Pei)', Jurnal Peternakan UIN Sultan Syarif Kasim, 6: 127378.

BPTP Jawa Timur. 2012. Survey Harga Pasar Komoditas Pakan Ternak. Jalanraya Karangploso lm. 4 Malang

BPTP Jawa Timur. 2020. Survey Harga Pasar Komoditas Peternakan. Jalanraya Karangploso lm. 4 Malang

Christian, Christian, Irfan Djunaidi, and Muhammad Halim Natsir. 2017. 'Pengaruh Penambahan Tepung Kemangi (Ocimum Basilicum) Sebagai Aditifpakan Terhadap Penampilan Produksi Itik Pedaging', TERNAK TROPIKA Journal of Tropical Animal Production, 17: 34-41.

Council, N. R. (1994). Nutrient requirements of poultry: 1994: National Academies Press.

Hadiatry, MC, and Serang Ciruas. 2018. "Introduksi Budi Daya Itik Pedaging Sebagai Salah Satu Sumber Pendapatan Peternak Itik Di Provinsi Banten." In.: Prosiding Seminar Nasional Teknologi Peternakan dan Veteriner.

Hartadi, Hari, Allen D Tillman, and Sudomo Reksohadiprojo. 1990. Tabel komposisi pakan untuk Indonesia (Gadjah Mada University Press).

Ketaren, Pius P. 2007. 'Peran Itik Sebagai Penghasil Telur Dan Daging Nasional', Wartazoa, 17: 117-27.

Ketaren, PP, and LH Prasetyo. 2007. 'Pengaruh Pemberian Pakan Terbatas Terhadap Produktivitas Itik Silang Mojosari X Alabio (Ma): Masa Pertumbuhan Sampai Bertelur Pertama', Jitv, 12: 10-15.

Lembong, Joicke F, NM Santa, A Makalew, and FH Elly. 2015. 'Analisis Break Even Point Usaha Ternak Itik Pedaging (Studi Kasus Pada Usaha Itik Milik Kelompok Masawang Di Desa Talikuran Kecamatan Remboken)', ZOOTEC, 35: 39-45.

Purba, M, AP Sinurat, and T Susanti. 2018. "Performa Tiga Genotipe Itik Pedaging (Peking, Pmp Dan E-Pmp) Dengan Pemberian Dua Jenis Ransum Selama Enam Minggu." In.: Prosiding Seminar Nasional Teknologi Peternakan dan Veteriner.

Setyaji, Arso, Ellya Rakhmawati, and M Yusuf Setia Wardana. 2017. 'Upaya Peningkatan Penghasilan Tambahan Warga Anggota Kelompok Budidaya Itik Pedaging Di Desa Anggaswangi, Kecamatan Godong, Kapubaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah'.

Tangendjaja, Budi. 2007. 'Inovasi teknologi pakan menuju kemandirian usaha ternak unggas', Wartazoa, 17: 12-20.

Zurmiati, Zurmiati, Wizna Wizna, MH Abbas, and ME Mahata. 2017. 'Pengaruh Imbangan Energi Dan Protein Ransum Terhadap Pertumbuhan Itik Pitalah Yang Diberi Probiotik Bacillus Amyloliquefaciens', Jurnal Peternakan Indonesia (Indonesian Journal of Animal Science), 19: 88-95.




DOI: https://doi.org/10.36626/jppp.v17i31.413

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pengembangan Penyuluhan Pertanian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pengembangan Penyuluhan Pertanian

 

UPPM Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan Yoma)

Jl.Magelang Kopeng Km7, kotak pos 152, Tegalrejo Magelang 56101
Telp. 0293-364188, Fax 0293-364188.