Analisis Pelaksanaan Penyuluhan Pertanian Oleh Empat Lembaga Di Desa Sipora Jaya Kecamatan Sipora Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai

Eko Priyono, Hery Bachrizal Tanjung, Sri Wahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimanakah perencanaan penyuluhan pertanian, pelaksanaan penyuluhan pertanian dan evaluasi penyuluhan pertanian yang dilakukan oleh empat lembaga di Desa Sipora Jaya Kecamatan Sipora Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai. Penelitian ini meggunakan  metode kualitatif  dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian kualitatif bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena - fenomena sosial di masyarakat petani melalui data - data yang dikumpulkan dan dianalisa secara mendalam. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut, 1.) Empat lembaga belum menyusun perencanaan penyuluhan pertanian secara lengkap dan  tertulis sesuai dengan pedoman, perencanaan penyuluhan hanya dibuat pada saat akan memberikan materi penyuluhan kepada penerima manfaat sehingga kegiatan penyuluhan tidak memiliki pedoman yang tetap terkecuali lembaga LSM Field yang sudah mempunyai jadwal penyuluhan yang rutin dengan materi yang sudah disepakati sebelumnya. 2.) Pelaksanaan penyuluhan pertanian yang dilakukan oleh lembaga LSM Field bersifat learning by doing atau belajar sambil berbuat, sementara petani maju lebih memberikan solusi bagi permasalahan yang dihadapi oleh penerima manfaatnya, sementara lembaga panti KAUM lebih ke praktek langsung dilahan dan memberikan contoh kepada penerima manfaatnya dan penyuluh pemerintah lebih cenderung ke penyampaian informasi - informasi yang berkaitan dengan inovasi tertentu dari program pemerintah. 3.) Evaluasi pelaksanaan penyuluhan pertanian yang dilakukan oleh empat lembaga hanya dilakukan pada evaluasi materi penyuluhan pertanian, evaluasi belum dilakukan pada program, media dan metode penyuluhan pertanian.


Keywords


Penyuluhan Pertanian; Peyuluh PNS; Petani Maju; Panti Kaum; LSM Field

Full Text:

PDF

References


Danardono. 2011. Peran Lembaga Swadaya Masyarakat Dalam Pengembangan Usaha Tani Padi Organik di Desa Tawangsari Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali. Skripsi. Perpustakaan UNS. Surakarta.

Departemen Pertanian, 2006. UndangUndang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2006 Tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan. Jakarta.

Fatchiya A. 2010. Pola Pengembangan Kapasitas Pembudidayaan Ikan Kolam Air Tawar di Provinsi Jawa Barat. Disertasi. Bogor (ID): Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor

Haq, R. 2021. Pelaksanaan dan Evaluasi Penyuluhan Pertanian Pembuatan Pupuk Bokashi di Desa Mangunrejo Kabupaten Magelang. Jurnal Abdimas Mandalika, vol 1 no.1 hal 01-09.

Ibrahim, J. T., Ningsih, G. M., & Feliyana, C. 2021. Persepsi Petani Terhadap Kinerja Penyuluh Pertanian di Desa Torongrejo Kecamatan Junrejo Kota Batu Farmer ’ s Perception of Agricultural Extension Performance in Torongrejo , Junrejo , Batu City ( Balai Penyuluhan Pertanian ) Kecamatan Junrejo . Balai Penyuluhan . Jurnal Kirana, 2(1), 19–30.

Mardikanto, T. 2009. Sistem Penyuluhan Pertanian. Universitas Sebelas Maret. Surakarta. Reza, M. 2015. Proses Perencanaan Program Penyuluhan Pertanian Tingkat Nagari di Kabupaten Limapuluh Kota. Jurnal Menara Ilmu, Vol X jilid 1 No 63.

Rogers, EM. 2010. Diffusion of innovations. Simon and Schuster.

Sudaryanto. 2018. Metode Penyuluhan Pertanian. Yogyakarta: Gava Media.

Sulandjari, K. Paradigma Penyuluhan Perusahaan Swasta di Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Penyuluhan, vol 16 (01) hal. 24-36.

Sumardjo, dkk.2017. Efektifitas Peran Penyuluh Swadaya Dalam Pemberdayaan Petani Di Provinsi Jawa Barat. Jurnal Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian.

Sutrisno, A. 2017. Metode Penyuluhan Pertanian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Syahyuti, 2014. Peran Stategis Penyuluh Swadaya dalam Paradigma Baru Penyuluhan di Indonesia. Forum Penelitian Agro Ekonomi, Volume 32 No. 1, Juli 2014: 43 – 58. https://media.neliti.com/media/publications/69602-none-1e8b2cd5.pdf, (diakses 20 Oktober 2022)

Zubaer, M. 2003. Studi Pemanfaatan Kelembagaan Pondok Pesantren Bagi Kegiatan Penyuluhan Pertanian di Kecamatan Gunungsari Lombok Barat. Jurnal Agrimansion, vol.IV No 1, hal 69-80




DOI: https://doi.org/10.36626/jppp.v21i1.1152

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pengembangan Penyuluhan Pertanian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pengembangan Penyuluhan Pertanian

 

UPPM Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan Yoma)

Jl.Magelang Kopeng Km7, kotak pos 152, Tegalrejo Magelang 56101
Telp. 0293-364188, Fax 0293-364188.