Strategi Pemasaran Kasus Segmentasi Dan Target Pasar Benih Padi Bersertifikat Pada PP Kerja Di Kabupaten Boyolali
Abstract
Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai salah satu penentu dalam mengidentifikasi strategi prioritas ke depan yang nantinya selalu diterapkan PP Kerja dalam melakukan strategi pemasaran pada kasus segmentasi dan target pasar benih padi bersertifikat.
Penelitian ini dilakukan di PP Kerja yang berlokasi di Desa Ngemplaksuren, Karangduren Sawit, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah yang mengembangkan usaha pembenihan padi bersertifikat. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan April-Mei 2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan survei di lokasi penelitian, observasi lapangan, wawancara, dan studi pustaka mengenai petunjuk kerja pemasaran yang dilakukan dan laporan yang terkait pada PP Kerja di Kabupaten Boyolali.
PP Kerja memiliki tujuh faktor kekuatan dengan skor 4,484, lima faktor kelemahan dengan skor 4,023, lima faktor peluang dengan skor 4,285, dan sepuluh faktor ancaman dengan skor 4,098. Memiliki posisi strategi perusahaan pada kuadran I dengan koordinat X sebesar 0,461 dan Y sebesar 0,187 yaitu pada posisi SO berupa strategi agresif yang dapat menciptakan PP Kerja untuk memanfaatkan peluang dengan kekuatan yang dimiliki dalam menentukan kebijakan perusahaan serta menyusun strategi pemasaran untuk mencapai target pasar yang diinginkan di masa mendatang. PP Kerja juga menggunakan keputusan strategi utama yaitu dengan mempertahankan kualitas produk benih padi bersertifikat disertai dengan strategi kedua yaitu meningkatkan kualitas pelayanan penjualan benih padi bersertifikat, sehingga apabila target pasar dalam penjualan dapat terus meningkat setiap tahun karena dapat memanfaatkan peluang dengan kekuatan perusahaan melihat segmentasi pasar benih padi yang luas, maka visi dan misi PP Kerja dapat terealisasikan dengan salah satu tujuan yang diharapkan PP Kerja sebagai produsen swasta benih padi bersertifikat
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Angipora, P. M. 2008. Dasar-Dasar Pemasaran. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Assauri, S. 2008. Manajemen Pemasaran. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta. Br Tobing, K. S., R. Ginting, dan L. Fauzia.
Analisis benih padi bersertifikat pada PT Sang Hyang Seri (Persero). Jurnal Sosial Ekonomi. 2 (11) : 1-15.
David, F. R. 2010. Manajemen Strategis. Salemba Empat, Jakarta.
Firdaus, M. 2009. Manajemen Agribisnis. Bumi Aksara, Jakarta.
Kotler, P dan K. L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Penerbit
Erlangga, Jakarta.
Mahananto, S. Sutisno, dan C. F. Ananda. 2009. Faktor-faktor yang mempengaruhi produksi padi (studi kasus di kecamatan nogosari, boyolali, jawa tengah). J. Wacana. 12 (1) : 179-191.
Mulyono, T. H dan Supriyono. 2013. Analisis pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan petani dalam penggunaan benih padi berlabel di kabupaten kediri. Jurnal Manajemen Agribisnis. 13 (2) : 8392.
Murdiyanto, E. 2008. Reposisi Petani dalam Kemitraan Agribisnis. Prosiding Seminar Nasional Perbenihan dan Kelembagaan 2008. Fakultas Pertanian UPN, Yogyakarta. Halaman IV-8 — IV-16.
Padmowati, R. L. E. 2009. Pengukuran index konsistensi dalam proses pengambilan keputusan menggunakan metode AHP. Seminar Nasional Informatika UPN Veteran Yogyakarta. E-80 — E84. ISSN: 1979-2328.
Rachman, B., I. W. Rusastra, dan K. Kariyasa. 2004. Sistem Pemasaran Benih dan Pupuk dan Pembiayaan Usaha Tani. Prosiding Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Pertanian, Bogor. Halaman 204-226.
Ruskandar, A., S. Wahyuni, S. H. Mulya, dan T. Rustiati. 2007. Respon petani di pulau Jawa terhadap benih bersertifikat. Prosiding Apresiasi Hasil Penelitian Padi (Balai Besar Penelitian Tanaman Padi). Halaman 881-888.
Sari, E. P. 2014. Analisis pengaruh faktor produksi terhadap produksi petani peserta dan bukan peserta program
SL-PTT padi di kecamatan Indralaya Selatan Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Ilmiah AglIBA. 9 (2) : 206-223.
Susdiarto, B., A. E. Priyono, dan E. Swastuti. 2013. Pengaruh produk dan harga terhadap loyalitas konsumen dengan keputusan pembelian sebagai variabel mediasi pada PT Pertani (Persero) cabang pekalongan. Jurnal Ilmiah Dinamika Ekonomi dan Bisnis. 1 (2): 1-12.
Wahyuni, S., I. W. Mulsanti, dan Satoto. 2013. Produktivitas varietas padi dari kelas benih berbeda. IPTEK Tanaman Pangan. 8(2) : 62-71.
DOI: https://doi.org/10.36626/jppp.v13i23.107
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Pengembangan Penyuluhan Pertanian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pengembangan Penyuluhan Pertanian
UPPM Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan Yoma)
Jl.Magelang Kopeng Km7, kotak pos 152, Tegalrejo Magelang 56101
Telp. 0293-364188, Fax 0293-364188.