Pengaruh Sosial Media Marketing Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Bibit Tanaman Herbal dalam Perspektif Agribisnis Hortikultura Biofarmaka
Abstract
ABSTRAK
Keberadaan internet pada era digital membawa konsekuensi, salah satunya pada perubahan perilaku individu dalam melakukan kegiatan pembelian produk secara online. Cara pemasaran produk bibit tanaman herbal semakin berkembang dengan adanya pemasaran melalui media sosial. Instagram merupakan aplikasi sosial media yang banyak digunakan oleh masyarakat dan usahatani dalam kegiatan jual beli online. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemasaran melalui media sosial (social media marketing) menggunakan aplikasi Instagram terhadap keputusan pembelian produk bibit tanaman herbal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah sebesar 172 orang mahasiswa Polbangtan Yoma Kampus Yogyakarta Prodi Agribisnis Hortikultura Biofarmaka angkatan 2018-2020 dan sampel yang digunakan adalah 64 orang. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa social media marketing mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian bibit tanaman herbal. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel social media marketing berpengaruh terhadap variabel keputusan pembelian yang dilakukan oleh mahasiswa Prodi Agribisnis Hortikultura Biofarmaka Polbangtan Yoma Kampus Yogyakarta Angkatan 2018- 2020. Pemasaran melalui media sosial instagram perlu dikembangkan dengan mengoptimalkan fitur yang ada agar dapat memberi hasil yang lebih baik bagi keberlangsungan usahatani yang melakukan pemasaran produk bibit melalui media sosial.
Kata Kunci: Social media marketing, Keputusan Pembelian, Bibit Herbal
ABSTRACT
The existence of the internet in the digital age brings consequences, one of which is the change in individual behavior in conducting online product purchase activities. How to market herbal plant seed products is growing with the presence of marketing through social media. Instagram is a social media application that is widely used by the public and farming in online buying and selling activities. This research was conducted to determine the influence of marketing through social media (social media marketing) using the Instagram application on the decision to purchase herbal plant seed products. The method used in this study is quantitative method. The data source is primary data and secondary data. Data collection techniques consist of observations, questionnaires, and documentation. The population in this study was 172 college students of Polbangtan Yoma Yogyakarta Campus Study Program of Agribusiness Horticulture Biopharmaca class 2018-2020 and the sample used was 64 people. The results of the study showed that social media marketing has a significant influence on the decision to purchase herbal plant seeds. The conclusion in this study shows that the social media marketing variable affects the variable purchasing decisions made by college students of Polbangtan Yoma Yogyakarta Campus Study Program of Agribusiness Horticulture Biopharmaca class 2018- 2020. Marketing through social media instagram needs to be developed by optimizing existing features in order to give better results for the sustainability of farming that conducts marketing of seed products through social media
.
Keywords: Social media marketing, Purchasing Decisions, Herbal Seeds
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Dinawan, Muhammad Rhendria. 2010. Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Studi Kasus pada Konsumen Yamaha Mio PT Harpindo Jaya Semarang. Semarang : Universitas Diponegoro.
Muslihah, Fashilatul. 2018. Pengaruh Social Media Marketing Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Dalam Pandangan Islam. Lampung : UIN Raden Intan Lampung Selatan.
Putra, Mahardika. 2018. Efektivitas Media Sosial Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Studi Kasus pada Online Shop @siramah_jogja. Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma.
Rakanda, Damas Ramabatian. 2020. Penggunaan Media Sosial Instagram Dalam Pembentukan Identitas Generasi Z Atau IGNERATION Di Desa Cawas. Yogyakarta : Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”.
Ridhoi, Muhammad Ahsan. 2020. Berapa Usia Mayoritas Pengguna Media Sosial di Indonesia?. Diakses di https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/11/23/berapa-usia mayoritas- pengguna-media-sosial-di-indonesia pada Juni 2021.
Riyanto, Andi Dwi. 2020. Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2020. Diakses di https://andi.link/hootsuite-we- are-social-indonesian-digital-report-2020/ pada Juni 2021.
Setiawati, Mila. 2015. Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Beli Konsumen Studi Kasus Mahasiswa Manajemen Universitas Pasir Pengairan.
Shinta, Agustina. 2011. Ilmu Usaha Tani. Malang : UB Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.