Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Produk Pertanian Beras Delanggu Klaten (Studi Deskriptif Kualitatif Kegiatan Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Beras Koperasi Delanggu untuk mempertahankan Loyalitas pada Pelanggan)
Abstract
ABSTRAK
Persaingan bisnis pertanian yang semakin pesat, para pelaku bisnis pertanian harus memiliki strategi yang bagus dan tepat, agar mampu bertahan sekaligus memenangkan pasar. Perdagangan beras di Jawa Tengah sangat dinamis, sehingga sistem pemasaran beras yang efisien akan menentukan keuntungan penjualan secara keseluruhan. Strategi komunikasi pemasaran terpadu produk beras di Delanggu Klaten meneliti tentang kegiatan penyuluh dalam mempromosikan produk beras yang dilihat dari hal-hal penting mengenai data dan analisa yang terkait dengan konsumsi, ketersediaan beras nasional, karakteristik dan stratifikasi konsumen, persaingan dan strategi pemasaran yang harus dilakukan dengan meiihat trend perubahan pemintaan pasar. Beberapa data yang disampaikan merupakan hasil survey Polbangtan Yoma mengenai sistem distribusi dan pemasaran beras di Wilayah Jawa Tengah khususnya di daerah Delanggu, Klaten, Jawa Tengah. Hasil survey menunjukkan bahwa fungsi promosi dan advertising dalam memasarkan produk pertanian dengan komoditas amatlah penting serta harus sesuai dengan target pasar dan saluran pemasaran. Selanjutnya menunjukkan bahwa akan terus terjadi perubahan permintaan beras, baik dari sisi jumlah maupun variasi mutunya, seiring dengan peningkatan pendapatan (kesejahteraan), pendidikan dan pengetahuan konsumen. Mutu, tampaknya telah menjadi salah satu krileria penting konsumen didalam memilih beras yang akan dikonsumsinya
Kata kunci : bisnis pertanian, strategi komunikasi pemasaran terpadu, promosi
ABSTRACT
Business competition is increasing rapidly, business people must have a good and appropriate strategy, in order to survive in agriculture while winning the market. The rice trade in Central Java is very dynamic, so an efficient rice marketing system will determine the overall sales profit. The integrated marketing strategy of rice products in Delanggu Klaten examines the activities of extension workers in promoting the product seen from important things regarding data and analysis related to consumption, national rice availability, consumer characteristics and stratification, competition and marketing strategies that must be carried out by looking at trends. changes in market demand. Some of the data submitted is the result of a Yoma Polbangtan survey regarding the distribution and marketing system of rice in the Central Java Region, especially in the Delanggu area, Klaten, Central Java. The survey results show that the function of promotion and advertising in marketing agricultural products with commodities is very important and must be in accordance with the target market and marketing channels. Furthermore, it shows that the demand for rice will continue to change, both in terms of quantity and variety in quality, along with the increase in income (welfare), education and consumer knowledge. Quality has become one of the important criteria for consumers in choosing the rice to be consumed
Keywords: agricultural business, integrated marketing communication strategy, promotion
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.