Pengaruh Atribut Produk Terhadap Kepuasan Pembeli Produk Keju Susu Kambing Pe
Abstract
Salah satu upaya untuk menciptakan keunggulan bersaing adalah dengan pengembangkan produk. Suatu perusahaan memproduksi sebuah produk dengan atribut-atribut yang akan memberikan manfaat atau kegunaan bagi konsumen serta sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen. Atribut produk adalah unsur-unsur yang dipandang penting oleh konsumen dan dijadikan dasar pengambilan keputusan pembelian.
Masalah utama dari penelitian ini antara lain : 1. Belum diketahui faktor yang membuat pelanggan puas terhadap produk keju susu kambing PE; 2. Belum diketahui sejauh mana produk yang dihasilkan terhadap kepuasan pelanggan; 3. Belum diketahui strategi apa yang harus dilakukan agar kepuasan pelanggan tercapai.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah : Mengetahui pengaruh fitur atau penampilan produk, kualitas produk, dan desain kemasan secara bersama-sama terhadap kepuasan konsumen produk keju susu kambing PE dan mengetahui strategi yang harus dilakukan agar kepuasan pelanggan tercapai.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei, pengumpulan data yang dilakukan menggunakan instrumen kuesioner dengan tipe pertanyaan pada kuesioner adalah pertanyaan tertutup (closed question). Penelitian ini dilakukan pada konsumen atau pelanggan produk keju susu kambing PE di sekitar wilayah Magelang dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan dilaksanakan pada bulan Oktober sampai November 2016. Sampel yang digunakan berjumlah 150 responden. Adapun yang menjadi objek dalam penelitian sebagai variabel bebas (independent variable) atau disebut juga variabel eksogen adalah atribut produk (X) yang terdiri dari fitur produk (X1), kualitas produk (X2), dan desain produk (X3). Sedangkan objek yang merupakan variabel terikat (dependent variable) atau disebut juga variabel endogen adalah kepuasan pelanggan (Y) yang terdiri dari harapan dan kenyataan yang diperoleh.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut. 1. Fitur produk (X1) berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. 2. Kualitas produk (X2) berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. 3. Desain produk (X3) berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. 4. Fitur produk, kualitas produk, desain produk secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Sehingga diketahui bahwa atribut produk keju kambing PE mampu mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi F sebesar 0,000 (sig < 0,5) dan nilai Fhitung yang diperoleh yaitu 70,215 lebih besar dari Ftabel(2,666). Faktor penilaian tebesar yang berpengaruh terhadap preferensi konsumen awal adalah Desain produk berdasarkan dari hasil uji t bahwa signifikansi uji t lebih kecil dari 0,05 dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,373. Sedangkan nilai t-hitung yang diperoleh yaitu 5,553 lebih besar dari nilai ttabel yaitu 1,976.
Strategi yang harus dilakukan agar kepuasan pelanggan tercapai antara lain : 1. Mempertimbangkan fitur produk, kualitas produk, desain produk dengan terus meningkatkan kualitas produknya; 2. Kelompok tani harus terus menjaga dan meningkatkan kepuasan pelanggannya dengan cara memperbaiki kualitas produk agar selalu lebih unggul dari pesaing; 3. Kelompok tani harus mengupayakan beberapa strategi agar nantinya pelanggan mau merekomendasikan produk kepada orang lain.
Full Text:
PDFReferences
Azwar, Saifuddin. 2006. Metode Penelitian. Yogyakarta. Pustaka Belajar.
Desi P, Vivi S, dan Irwansyah. 2012. ―Analisis Kepuasan Konsumen terhadap Pengguna Speedy pada PT. Telkom Palembang‖. Thesis. Universitas Bina Darma.
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivarite dengan SPSS, Cetakan Keempat, Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gujarati, Damodar N. 2003. Basic Econometrics. 4 th ed. New York.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Jilid Satu. Edisi Keduabelas. Cetakan Ketiga. Jakarta. Penerbit Indeks.
Kotler, Philip. 1997. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta. Prenhallindo.
Kotler, Philip., dan Gery Armstrong. 2008. Prinsip — Prinsip Pemasaran. Edisi 12, Jilid 1 dan 2. Erlangga, Jakarta.
McGraw-Hill Hair, Joseph F., W. C. Black, B. J. Babin, & R. E. Anderson. 2010. Multivariate Data Analysis. 7 th ed. Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Muzammil H, Sehrish H, dan Adnan R. 2010. ―Factor Affecting Customer Satisfaction‖. International Research Journal of Finance and Economics.
Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta. Penerbit ANDI.
Refbacks
- There are currently no refbacks.