Studi Kinerja Kelompok Tani di Desa Senoni Kecamatan Sebulu Kabupaten Kutai Kartanegara.

Midiansyah Effendi, Firda Juita, Muhammad Maulana

Abstract


Kinerja kelompok tani ini menggambarkan bagaimana kerjasama antar petani dalam menyelesaikan berbagai masalah usahatani yang dapat diukur dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengendalian dan pelaporan, dan pengembangan kepemimpinan kelompok tani. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kinerja kelompok tani di Desa Senoni Kecamatan Sebulu Kabupaten Kutai Kartanegara. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga bulan dimulai pada bulan Juli-September 2018. di Desa Senoni Kecamatan Sebulu Kabupaten Kutai Kartanegara. Data diambil dengan menggunakan data primer dan data sekunder dengan jumlah sampel 28 orang yang diambil secara proporsional random sampling dari kelompok-kelompok tani. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan alat ukur skala Likert Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja kelompok tani berada pada kategori sedang pada indikator perencanaan (skor rata-rata 13,46), pengendalian dan pelaporan (skor rata-rata 3,86) dan pengembangan kepemimpinan kelompok tani (skor rata-rata 6,00) dan berada pada kategori tinggi untuk indikator pengorganisasian (skor rata-rata 9,79) dan pelaksanaan (skor rata-rata 17,18). Anggota kelompok tani >70% sudah terlibat secara aktif dalam perencanaan segala kebutuhan untuk kemajuan kelompok tani mulai dari pembuatan RDK-RDKK sampai kepada perencanaan program-program kelompok tani, anggota kelompok tani >70% ikut berpartisipasi dalam pengendalian dan pelaporan kegiatan-kegiatan kelompok tani dan berpartisipasi dalam pengembangan kepemimpinan. Dalam hal pengorganisasian dan pelaksanaan >85% sudah terorganisasi dan terlaksana dengan baik.

Kata kunci: Studi, Kinerja, Kelompok Tani, Desa Senoni


Full Text:

PDF

References


Anantanyu, S. 2010 .kelembagaan Petani: peran dan Strategi pembangunan Kapasitasnya. http: //agribisnis.fp.un.ac.id. Diakses pada tanggal 14 Agustus 2018.

Bambang wahyudi.2002. Manajemen sumber Daya Manusia. Bandung:Sulita.

Hotmaida, U. 2010. Peranan Kelompok Tani dalam Peningkatkan Status Sosial Ekonomi Petani Padi Sawah Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdan. Skripsi.Universitas Sumatra Utara.

Irawarti E dan Yantu M.R 2015. Kinerja Kelompok Tani Dalam Menunjang Pendapatan UsahaTani Padi Sawah Di Desha Sidera Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi. e-J. Agrotekbis 3(2): 206 – 211.

Kristiyanti M. 2012. Peran Indikator Kinerja dalam Mengukur Kinerja Manajemen [Jurnal]. (ID): Majalah Ilmiah Informatika. 3(3):103-123. September 2012.

Mangkunergara, Anwar Prabu.2015. Evaluasi Kinerja.Selembar 4.Jakarta.

Nurdin, U. 2002. Konteks Implementasi Berbasis Kukikulum. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Peraturan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Petani Nomor 168 Tahun 2011 tentang Petunjuk Pelaksanaan Kemampuaan Kelompok tani

Pusluhtan, 2002, Membangun Kebersamaan untuk memelihara lingkungan, Penerbit Bumi Aksara Jakarta

Rivai dan Basri. 2004. Metodet Penilaian Kinerja Jurnal . http;//jurnal-sdm.blogspot.com/2004/04/penilaian kinerja-karyawan-definisi.html. diakses pada tanggal 14 Agustus 2018.

Silalahi, U. 2015 Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Refika Aditama. Bandung.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitaf Kualitatif dan R&D. Alfabeat. Bandung.

Sukanata, I Ketut,Dukat dan Yunaiti Angie. 2015. Hubungan Karakteristik Dan Motivasi Petani dengan kinerja Kelompok Tani (Studi Kasus Desha Cisaat Kecamatan Dukunpuntang). JURNAL AGRIJATI VOL 28 NO 1, APRIL 2015. Diakses pada tanggal 26 Agustus 2018.

Sulistiyani, Ambar Teguh dan Rosidah.2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Konsep, Teori dan Pembangunan dalam konteks organisasi Publik, edisi kedua. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Suparman. 1995. Stastistik Sosial. RajaGrafindo Persada. Jakarta.

Syahyuti. 2007. Kebijakan Pengembangan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Sebagai Kelembagaan Ekonomi Di Perdesaan. Bogor: Pusat Analisis Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian. Analisis Kebijakan Pertanian. 5 ( 1 ):15-25.

Wahyuni Sri. 2003. Kinerja Kelompok Tani Dalam Sistem Usahatani Padi dan Metode Pemberdayaan, Jurnal Libang Pertanian. Bogor.

Yunasaf U. 2005. Kepemimpinan Ketua Kelompok dan Hubungannya dengan Keefektifan Kelompok. [Skripsi]. Bandung (ID): Fakultas Peternakan. Universitas Padjajaran.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.