Efektivitas Program Siaran Radio Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (RPK) dalam Pengembangan Masyarakat Pertanian (Study Kasus Desa Loh Sumber Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara)

Firda Juita, Eko Harry Yulianto A, Putri Wahyuni

Abstract


Efektivitas program siaran radio dalam pengembangan masyarakat pertanian dapat dilihat dari tingkat partisipasi dan pengetahuan, faktor yang mempengaruhi efektivitas program siaran radio dalam pengembangan masyarakat pertanian adalah faktor internal dan eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas program siaran RPK dalam pengembangan masyarakat pertanian dan faktor yang mempengaruhi efektivitas program siaran RPK dalam pengembangan masyarakat pertanian di Desa Loh Sumber Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara. Penentuan lokasi dan populasi penelitian dilakukan dengan cara purposive sampling. Pengambilan responden dengan menggunakan teknik proportionate random sampling dengan tinkat kritis 15% sehingga didapatkan responden sebanyak 33 orang. Analisis data menggunakan analis deskriptif kualitatif. Pengukuran yang digunakan untuk mengetahui tingkat efektivitas program siaran rpk menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat partisipasi efektif dalam pengembangan masyarakat pertanian yaitu sebesar 43% dengan skor rata-rata 9,09. Tingkat pengetahuan sangat efektif dalam pengembangan masyarakat pertanian yaitu sebesar 66% dengan skor rata-rata 13,61. Tingkat partisipasi dan pengetahuan petani berada pada kategori sangat efektif, hal ini membuktikan bahwa tingkat efektiviats program siaran radio dalam pengembangan masyarakat pertanian di Desa Loh Sumber sudah sangat efektif. Faktor yang mempengaruhi efektivitas program siaran RPK dalam pengembangan masyarakat pertanian yaitu, faktor internal: umur, pendidikan, motivasi mendengarkan, lama mendengarkan dan intensitas mendengarkan, dan faktor ekternal: jenis siaran (siaran artistik dan jurnalisti), faktor siaran (materi siaran, tingkat kesesuaian waktu dan penyampaian penyiar).

Kata Kunci: Efektivitas, Program, Radio, Pengembangan, Masyarakat


Full Text:

PDF

References


Azmi, A. H. (2014). Efektivitas Acara ‘Siaran Pedesaan’ LPP RRI Dalam Meningkatkan Usaha Ternak Kelinci Kelompok Tani Madurasa Kelurahan Lok Bahu Samarinda. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 446–459.

http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp content/uploads/2014/03/JURNAL HALIM (03-12-14-06-20-15).pdf

Ding, A. (2016). Efektivitas Program Siaran Opini Publik “Selamat Pagi Kaltim” Program 1 Rri Samarinda. EJournal Ilmu Komunikasi, 4(3), 83–97.

Hapsari, D.R. 2008. Peranan Radio Siaran Dalam Pengembangan Masyarakat Pertanian. Skripsi. Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Leeuwis, C. 2009. Komunikasi Untuk Inovasi Pedesaan. Kanisius, Yogyakarta.

Rosalia, N. (2012). Faktor-faktor Penting Daya Tarik Stasiun Radio Bagi Pendengar Radio Di Kota Semarang. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 77–86. https://doi.org/10.14710/INTERAKSI.1.1.77-86

Silalahi, U. 2015. Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. PT Refika Aditama, Bandung.

Sugiyono. 2010. Statistik Nonparametrik. CV Alfabeta. Bandung.

Sumayah, I. 2008. Evaluasi Petani Terhadap Program Siaran Warung Tani Yang Disiarkan Di Radio Pop Fm Sragen Sebagai Sumber Informasi Pertanian Di Kabupaten Sragen. Skripsi. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Surakarta.

Widjanarko, W., Sulthan, M., & Lusiana, Y. (2013). Radio Siaran Publik Sebagai Media Komunikasi Masyarakat Perdesaan. Jurnal Kajian Komunikasi, 1(2), 119–124.

Yusuf, F. (2016). Analisis Proses Produksi Program Berita Radio Metro Mulawarman Samarinda. EJournal IlmuKomunikasi, 4(3), 98–111. https://doi.org/10.1103/PhysRevB.86.115302


Refbacks

  • There are currently no refbacks.