Perilaku Petani dalam Penerapan Pupuk Organik Padat di Desa Pare Kecamatan Mondokan Kabupaten Sragen

Sulistyo Sulistyo, Rajiman Rajiman, Haris Tri Wibowo

Abstract


Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui mengetahui perilaku petani dalam penerapan pupuk organik padat di Desa Pare Kecamatan Mondokan Kabupaten Sragen. Metode penelitian mengunakan pendekatan survei dengan bantuan kuesioner. Penentuan kecamatan, desa dan kelompok tani dilakukan secara purposive. Responden di ambil secara sensus dengan jumlah 30 orang. Analisis data di lakukan dengan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku petani dalam penggunaan pupuk organik padat di Desa Pare Kecamatan Mondokan Kabupaten Sragen dari aspek pengetahuan, sikap dan ketrampilan termasuk kategori sedang.

 Kata kunci: pengetahuan, sikap, keterampilan, pupuk organik padat


Full Text:

PDF

References


Abadi, S. 2018. Respon Petani Padi terhadap Penggunaan Pupuk Organik Cair di Desa Sawakong Kecamatan Galesong Selatan Kabupaten Takalar. Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Makassar.

Angriani, V. 2017. Perilaku Petani dalam Penanganan Panen dan Pasca Panen Kopi di Desa Labbo Kecamatan Tompobulu Kabupaten Bantaeng. Skripsi. Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Makassar.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Sragen. 2022. Kabupaten Sragen dalam Angka 2022. BPS Sragen. Sragen.

Darwis, V., & Rachman, B. 2013. Potensi Pengembangan Pupuk Organik Insitu Mendukung Percepatan

Penerapan Pertanian Organik. Jurnal Publikasi Forum

Penelitian Agro Ekonomi. Vol. 31, No. 1

Ervina, N. 2020. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Desa Petani Terbaik Menggunakan Metode Fuzzy Model Tahani. Jurnal TIN, Vol.2, No.1

Isnaini, Riyanto, B., Nurlaili, dan Ayu Sagita, N. 2021. Perilaku Petani tentang Pembuatan Pupuk Organik di Desa Tlekung Junrejo Kota Batu. Agriscience: Journal Trunojouo. Vol.1 No.1, ISSN:2745-7427.

Maulana, M., A. 2022. Hunugan Perilaku Petani dengan Penerapan Teknologi TBS (Trap Barrier System) untuk Pengendalian Hama Tikus di Kalurahan Sumbersari Kapanewon Moyudan Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi. Jurusan Pertanian Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang.

Notoatmodjo, S. 2014. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sukayat, Y., Supyandi, D., Judawinata, G., & Setiawan, I. 2019. Orientasi Petani.

Wuri, N., Sugihardjo, dan Wibowo, A. 2021. Faktor yang Mempengaruhi Partisipasi Petani dalam Kegiatan Pengolahan Pupuk Organik di Desa Banjarata Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes. Jurnal Triton. Vol.12 No.1, e ISSN : 2745-3650, p ISSN : 2085-3823.

Yurniati. 2021. Perilaku Petani dalam Membudidayakan Lada Sebagai Sumber Pendapatan di Kecamatan Towuti Kabupaten Luwu Timur Desa Libukan Mandiri. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negeri Palopo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.