Perilaku Petani dalam Penggunaan Pupuk Organik pada Tanaman Padi di Desa Kwadungan Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar

Darmindra Darmindra, Sukadi Sukadi, Sukadi Sukadi, Fitria Naimatu Sadiyah, Fitria Naimatu Sadiyah

Abstract


Penelitian ini untuk mengetahui tingkat perilaku petani dalam penggunaan pupuk organik pada tanaman padi di Desa Kwadungan Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar. Kegiatan Tugas Akhir (TA) dilaksanakan di Desa Kwadungan Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar Provinsi Jawa Tengah. Pelaksanaan kegiatan Tugas Akhir pada bulan Januari 2022 sampai dengan Maret 2023. Populasi dalam pengkajian Tugas Akhir (TA) yaitu anggota Kelompok Tani Kelompok Mekar Sari II Desa Kwadungan dengan jumlah 40 orang. Pengambilan sampel yang akan digunakan dalam Tugas Akhir (TA) ini yaitu dengan metode sensus atau sampel jenuh, karena jumlah anggota Kelompok Tani Kelompok Mekar Sari II Desa Kwadungan berjumlah 40 orang. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam pengkajian ini meliputi wawancara dan kuisioner. Hasil kajian menunjukkan bahwa pengetahuan petani dalam penggunaan  pupuk organik pada tanaman padi menunnjukan kategori Sedang. Hasil kajian menunjukkan bahwa sikap petani dalam dalam penggunaan pupuk organik pada tanaman padi secara umum menunjukkan kategori Tinggi.

Full Text:

PDF

References


Alawiyah, Fauzul Muna dan Cahyono, Edi Dwi. (2018). Persepsi Petani terhadapIntroduksi Inovasi Agens Hayati Melalui Kombinasi Media Demplot dan FFD. Jurnal Ekononomi Pertanian dan Agribisnis (JPEA). Vol 2, No. 1(2018): 19 – 28

Bahua, Mohamad Ikbal. 2015. Penyuluhan Dan Pemberdayaan Petani Indonesia. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Direktorat Perlindungan Tanaman Pangan dan Direktorat Jendral Tanaman Pangan, (2017). Panduan Budidaya Tanaman Padi sehat. Kementrian Pertanian.

Dirjen tanaman pangan. (2020). . Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Perbenihan Tanaman Pangan

Erpan, E. (2016). Karya Tulis Ilmiah. Gambaran Keterampilan Pemasangan Infus Pada Perawat Vokasional Dan Perawat Profesional Rumah Sakit pku Muhammadiyah Di Wilayah Yogyakarta, 41.

Fadhilah, M. L., B. T. Eddy., S. Gayatri. 2018. Pengaruh Tingkat Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan Penerapan Sistem Agribisnis Terhadap Produksi Pada Petani Padi di Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap. Jurnal. Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hamrat, Muthmainnah Bakri. 2018. Pengaruh Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap Terhadap Tingkat Penerimaan Teknologi Budidaya Organik. Skripsi. Sekolah Pascasarjana Universitas Hasanuddin Makassar.

Kementerian Pertanian. 2016. Pembinaan Kelembagaan Petani. Jakarta.

Kementerian Pertanian (2016). Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Hortikultura. Pembinaan Kelembagaan Petani, 18(2), 22280.

Latif, M.F., Elfarisna, dan Sudirman. 2017. Efektifitas Pengurangan Pupuk NPK

dengan Pemberian Pupuk Hayati Provibio terhadap Budidaya Tanaman Kedelai Damame. Jurnal Agrosain dan Teknologi 2(2) : 105–120.

Mardikanto, T. (2009). Sistem penyuluhan pertanian. UNS Press.

Notoatmodjo, S. (2014). Metodolodi Penelitian Kesehatan. In Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta, PT Rineka Cipta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.