Teknik Pengendalian hama walang sangit (Leptocorisa oratorius) pada Tanaman Padi dengan Pestisida Nabati

Inra Gunawan, Budi Purwo Widiarso, Siti Nurlaela

Abstract


Dalam upaya peningkatan produksi pertanian, ada banyak kendala yang dihadapi seperti serangan hama yang bisa mengakibatkan penurunan kualitas dan kuantitas produksi. Hama walang sangit merupakan salah satu jenis hama yang bisa mengakibatkan kegagalan dalam budidaya tanaman padi. Dalam upaya mencegah peningkatan serangan pada tanaman padi, dibutuhkan pestisida yang bersifat alami yang ramah lingkungan dan mampu mengurangi populasi walang sangit. Penggunaan pestisida nabati dinilai lebih ekonomis dalam mengendalikan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) yang mana arahnya kepada sistem pengendalian hama terpadu (PHT). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengenal teknik pengendalian hama walang sangit dengan menggunakan pestisida nabati yang dibuat sendiri oleh petani dan dapat diaplikasikan pada hama sasaran


Full Text:

PDF

References


Anshary, A. (2022). Latar Belakang Pengelolaan Hama Terpadu. https://mplk.politanikoe.ac.id/index.php/topik-topik-kuliah/123-pengelolaan-hama-terpadu/810-latar-belakang-pengelolaan-hama-terpadu.

Hifni, R. (2020). Enam tepat dalam aplikasi pestisida. http://cybex.pertanian.go.id/mobile/artikel/90328/ENAM-TEPAT-DALAM-APLIKASI-PESTISIDA/.

Putri, S. D. (2021). Membuat pestisida nabati dengan bahan disekitar kita. https://pertanian.jogjakota.go.id/detail/index/15067.

S, Y. T. (2020). Musuh Alami berupa Predator Dapat menekan Hama Penggerek Batang Padi Di Lahan Pasang surut. http://cybex.pertanian.go.id/detail-print.php?id=94888.

Saraswati, I. (2022). Pestisida Nabati Sebagai Solusi Pengendalian OPT Tanaman Perkebunan Ramah Lingkungan. https://ditjenbun.pertanian.go.id/pestisida-nabati-sebagai-solusi-pengendalian-opt-tanaman-perkebunan-ramah-lingkungan/.

Sari, R. M. (2019). 6 Prinsip penggunaan Pestisida menurut Ilmu HPT. http://cybex.pertanian.go.id/mobile/artikel/89290/6-Prinsip-penggunaan-Pestisida-menurut-Ilmu-HPT/.

Susetyo, H. P. (2022). Pestisida Nabati sebagai Alternatif Bahan Pengendali OPT Hortikultura Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan. https://hortikultura.pertanian.go.id/wp-content/uploads/2022/10/6.-Pestisida-Nabati-sebagai-alternatif-bahan-pengendali-OPT-hortikultura-ramah-lingkungan-dan-berkelanjutan-web.pdf.

Syahputra, A. (2019). Studi etnobiologi pengendalian hama dan penyakit tanaman pada masyarakat Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. https://simujo.id>DOI: 10.13057/psnmbi/m050304ISSN: 2407-8050.

Wahyuni, I. (2020). Dampak Penggunaan Pestisida. http://cybex.pertanian.go.id/artikel/94519/dampak-penggunaan-pestisida/.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.