Strategi Komunikasi dalam Diseminasi Teknologi Pembuatan Pelet Kelinci Berbasis Pemetaan Pengguna Di Desa Gantang Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang

Maichel Renata, Susanto Susanto, Joko Daryatmo

Abstract


ABSTRAK


Diseminasi inovasi tekologi pembuatan pelet kelinci merupakan usaha mentransfer inovasi teknologi dari sumber (individu dan lembaga) kepada pengguna utama atau petani. Penggunaan strategi dengan basis pemetaan pengguna diyakini mampu menjadi salah satu stimulus terjadinya komunikasi diseminasi inovasi teknologi yang efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mengetahui strategi komunikasi diseminasi inovasi teknologi pembuatan pelet kelinci di Desa Gantang, (2) mengetahui hubungan faktor-faktor dominan (basis pemetaan pengguna: karakteristik petani, inovasi dan lingkungan) dengan strategi komunikasi diseminasi inovasi teknologi pembuatan pelet kelinci. Tugas Akhir dilaksanakan dari tanggal 2 Maret sampai dengan 2 Mei 2020 di Desa Gantang Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang dengan menggunakan metode survei deskriptif eksplanatori. Jumlah responden pada penelitian ini adalah 30 petani, pemilihan dengan kriteria tertentu. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif, meliputi analisis statistik deskriptif dan inferensial. Statistik deskriptif digunakan untuk melakukan analisis terhadap peubah-peubah untuk membangun suatu pemetaan terhadap kondisi masyarakat. Sementara analisis statistik inferensial menggunakan analisis korelasional, dengan uji korelasi rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi diseminasi inovasi teknologi pembuatan pelet adalah dengan demonstrasi cara. Selain itu faktor dominan berbasis pemetaan pengguna yang menyebabkan beragam atau tidaknya media komunikasi yang dapat digunakan secara signifikan dalam strategi komunikasi diseminasi inovasi teknologi pembuatan pelet adalah (1) Kosmopolitan pada karakteristik petani, (2) Keuntungan relatif, dapat dicoba dan dapat diamati pada karakteristik inovasi, (3) Ketersediaan sarana produksi dan informasi pada lingkungan fisik, (4) Dukungan sistem sosial, dukungan mitra usaha, dan dukungan keluarga pada lingkungan sosial.


Kata Kunci: Strategi komunikasi, Pelet kelinci, Pemetaan pengguna

ABSTRACT
Dissemination of technological innovations making rabbit pellets is an attempt to transfer technological innovations from sources (individuals and institutions) to major users or farmers. The use of strategies based on user mapping is believed to be able to be one of the stimuli for the effective and efficient communication of disseminating technological innovations. The objectives of this study are (1) to know the communication strategy of disseminating the innovation of rabbit pellet making technology in the village of Gantang, (2) to know the relationship of dominant factors (based on user mapping: characteristics of farmers, innovation and environment) with the communication strategy of disseminating the innovation of rabbit pellet making technology. The study was carried out from March 2 to May 2, 2020, in Gantang Village, Sawangan District, Magelang Regency using an explanatory descriptive survey method. The number of respondents in this study was 30 farmers, with purposive selection. Data analysis uses quantitative analysis, including descriptive and inferential statistical analysis. Descriptive statistics are used to analyze the variables to build a mapping of community conditions. While inferential statistical analysis uses correlational analysis, with the rank Spearman correlation test. The results showed that the communication strategy of disseminating innovation in pellet making technology was by demonstration. In addition, the dominant factor based on user mapping that causes a variety of communication media that can be used significantly in the communication strategy of disseminating pellet making technology innovation is (1) Cosmopolitanism on the characteristics of farmers, (2) The relative benefits, can be tried and can be observed in the characteristics of innovation, ( 3) Availability of production facilities and information in the physical environment, (4) Social system support, business partner support, and family support in the social environment.


Keywords: Communication strategy, Rabbit pellet, User mapping.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi, A. 1991. Sosiologi Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.

Arimbawa, P. D.dan Widanta, A. A. 2017. Pengaruh Luas Lahan, Teknologi dan Pelatihan Terhadap Pendapatan Petani Padi Dengan Produktifitas Sebagai Variabel Intervening Di Kecamatan Mengwi. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana Vol. 6, No. 8 Agustus 2017 Hal 1601-1627. Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana.

Arnando, D. A. 2017. Performa Kelinci New Zealand White dengan Pemberian Pakan Komplit Limbah Sayuran Pasar dalam Bentuk Mash, Pelet, dan Wafer. Skripsi S1. Fakultas Peternakan. Institut Pertanian Bogor.

Hadi, Sutrisno. 2004. Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset

Erlina, D.M. dan Nendah Kurniasari. 2007. Adopsi Teknologi Palka Berinsulasi Untuk Penanganan Ikan Segar di Pelabuhan Ratu, Sukabumi. Jurnal Perikanan IX (2): 241-253.

Janti, Suhar. 2014. Analisis Validitas Dan Reliabilitas Dengan Skala Likert Terhadap Pengembangan SI/TI Dalam Penentuan Pengambilan Keputusan Penerapan Strategic Planning Pada Industry Garmen. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST) 2014. ISSN: 1979-911X. Hal. A155-A160. Manajemen Informatika. AMIK BSI Jakarta.

Kuntjojo. 2009. Diktat Metodologi Penelitian. Diakses pada 10 Februari 2020.

Mustabsir, B. 2017. Evaluasi Ketersediaan Sarana Dan Prasarana Pertanian Dalam Mendukung Ketahanan Pangan Di Kecamatan Anreapi Kabupaten Polewali Mandar. Skripsi. Teknik Perencanaan Wilayah. Fakultas Sains dan Teknologi. UIN Alauddin Makassar.

Nurhayati. 2016. Metode Komunikasi Diseminasi Inovasi Teknologi Budidaya Padi Berbasis Pemetaan Pengguna. Disertasi S2. Sekolah Pascasarjana. Institut Pertanian Bogor.

Putra, F.A., L. Nurlina dan Syahirul Alim. 2016. Hubungan Antara Jumlah Kepemilikan Ternak Dengan Tingkat Penerapan Teknologi Pakan Hijauan Secara Fisik Pada Peternakan Sapi Perah Rakyat. Hubungan Antara Jumlah Kepemilikan Ternak. Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran. Alumni Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran 2016, Staff Pengajar Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran.

Sangian, L. M. L, F. Wowiling dan Reginus Malara. 2017. Hubungan Dukungan Emosional Keluarga Dengan Penerimaan Diri Pada Lansia Di Desa Watutumou III. e-Jurnal Keperawatan (e-Kp) Volume 5 Nomor 2, Agustus 2017, Hal 1-8. Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Sam Ratulangi Manado.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.CV. Bandung

Sulardi, Soeharso, dan Sunarsih. 2012. Adopsi Inovasi Inseminasi Buatan Pada Sapi Potong Di Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang Laporan Penelitian. Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Magelang. Magelang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.