Komparatif Persepsi Petani pada Inovasi Candling Otomatis Telur Ayam Joper Dengan Media Audio Visual dan Prototipe di Desa Kajoran

Ahmad yunus Wahyu Prasetyo, Pramu Pramu, Puji Hartati

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi peternak terhadap candling otomatis pada telur ayam joper dan membandingkan persepsi peternak terhadap candling otomatis telur ayam joper dengan menggunakan media audio visual dan prototipe. Materi yang digunakan yaitu telur ayam joper 15 butir satu paket alat candling otomatis, proyektor, sound sistem dan laptop. Penelitian ini dilakukan dengan metode One-Shot Case Study artinya pengkajian satu kelompok dilakukan dengan sekali perlakuan dan selanjutnya dilakukan kegiatan pengambilan data. Analisis data menggunakan independent uji T-Test. Perlakuan dalam penelitian ini adalah dilakaukan dengan penyuluhan dengan tujuan memberikan stimulus atau rangsangan kepada responden untuk kemudian di presepsikan. Setelah dilakukan penyuluhan kemudian pengambilan data responden dengan pengisian blangko kuesioner secara online menggunakan google form dengan jumlah pertanyaan 23 butir. Uji normalitas penelitian menggunakan metode Shapiro wilk berdasarkan pada besaran probalitas atau nilai signifikansi terdistribusi normal jika pada Shapiro wilk nilai sig > 0,05 sebaliknya yang tidak terdistribusi normal mempunyai nilai sig < 0,05 kemudian data diolah menggukan SPSS16. Hasil penelitian dengan mengambil berbagai sempel data yang berjumlah 30 orang dengan media penyuluhan yang berbeda yaitu dengan menggukan media audio visual dan prototipe mendapatkan tingkat persepsi peternak pada kategori Sangat Baik (SB) dan berdasarkan analisis data dengan independent t test dan mentabulasi data tingkat persepsi mengalami perbedaan pada media penyuluhan Audio Visual pada kelompok A mempunyai sekor nilai rata-rata 107,6 dan pada penyuluhan menggunakan media Prototipe pada kelompok B mempunyai sekor nilai rata-rata 109,8.


Kata Kunci: Comperatif Persepsi Petani, Inovasi, Candling , Ayam Joper

 

ABSTRACT
This study aims to determine the farmers' perceptions of automatic candling of joper chicken eggs and compare the farmers' perceptions of automatic candling of joper eggs using audio-visual media and prototypes. The material used is 15 pieces of joper chicken eggs in a package of automatic candling tools, projectors, sound systems and laptops. This research was conducted using the One-Shot Case Study method, meaning that the assessment of one group was carried out with one treatment and then data collection activities were carried out. Data analysis using independent test T-Test. The treatment in this study was carried out with counseling with the aim of providing a stimulus or stimulation to the respondent for later perception. After the counseling was carried out, the respondent's data was collected by filling out the online questionnaire using the google form with a total of 23 questions. The normality test of the study used the Shapiro Wilk method based on the magnitude of the probability or significance value normally distributed if the Shapiro Wilk value of sig > 0.05 on the other hand those that were not normally distributed had a sig value <0.05 then the data was processed using SPSS16. The results of the study by taking various data samples totaling 30 people with different extension media, namely by using audio-visual media and prototipes to get the level of perception of farmers in the very Good (SB) category and based on data analysis using independent t test and tabulating the perception level data, there was a difference in Audio Visual counseling media in group A had an average score of 107.6 and in counseling using prototype media in group B had an average score of 109.8.

Keywords: Farmers Perception Comparative, Innovation, Candling, Joper Chicken


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Hidayah, Nurulia, Clara Ajeng Artdita, Fajar Budi Lestari. 2019. Pengaruh Karakteristik Peternak Terhadap Adopsi Teknologi Pemeliharaan Pada Peternak Kambing Peranakan Ettawa di Desa Hargotirto Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Bisnis & Manajemen. Volume 19, No 1, Halaman 1- 10. Fakultas Pertanian. Universitas Negeri Surakarta. Diakses Tanggal 22 April 2020. https://jurnal.uns.ac.id/jbm/article/view/30916/20614.

Kinanti.2013.“StudiPerbandingan”.http://fellinkinantifisip10.web.unair.ac.id/artikel_detail70905Metode%20Analisis%20Hubungan%20InternasionalStudi%20Perbandingan.html. Diakses 12 januari 2020

Kuncoro, Mudrajad. 2013. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi Edisi 4. Jakarta: Erlangga

Lestari.2013.“PenelitianKomparatif.http://lestarysnote.blogspot.com/2013/10/penelitian-komparatif.html.Diakses 14 januari. 2020

Moghavvemi.S;Hakimin, Fatemah; Tengku Feissal, Tengku Mohd Faziharudean. (2012). “Competitive Advantage Throught IT innovation By SMes”. Social Technologies.,

Rakhmat (2015). Rakhmat, Jalaludin. 2015. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Roswida R. 2013. Tahapan proses keputusan adopsi inovasi pengendalian hama dan penyakit tanaman dengan agen hayati (Kasus petani sayuran di Kecamatan Sungai Puar Kabupaten Agam Sumatera Barat). Tesis. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor

Samsara, Ladiatno. 2013. Inovasi Pelayanan Paspor di Kantor Imigrasi (Studi Tentang Peningkatan Kualitas Pelayanan Surat Perjalanan Republik Indonesia di Kantor Imigrasi Klas I Khusus Surabaya). Universitas Airlangga. Volume 1. journal.unair.ac.id/downloadfullpapers-Ladiatno%20Samsara.pdf. 13 Juli 2020

Sugiyono.2010. Metode Penelitian dan Pendidikan. Alfabeta: Bandung

Wahyuni, Ika Nur, Sunarsih, dan Nur Prabewi. 2019. Persepsi Peternak Terhadap Pemberian Ramuan Herbal Di Kelompok Wanita Tani Dewi Sri Kecamatan Windusari. Jurnal Agrica Ektensia Volume 13 No.2 Halaman 20-27. Progam Studi Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan, Jurusan Peternakan, Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta - Magelang. Diakses Tanggal 2 Januari 2020. https://ejournal.polbangtanyoma.ac.id/ index.php/agrica/article/view/8/13.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.