Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengembangan Pemasaran Keripik Sayur Fori (Studi Kasus KWT Sekar Arum Desa Sumberagung Kecamatan Moyudan Kabupaten Sleman)

Maulia Amalia Salekhah, Endah Puspitojati, Sukadi Sukadi

Abstract


ABSTRAK
Kajian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan pemasaran keripik sayur Fori KWT Sekar Arum Kalurahan Sumberagung Kapanewon Moyudan Kabupaten Sleman. Metode penelitian adalah deskriptif kuantitatif kausal, menggungakan regresi linear berganda dengan variabel independen yaitu produk, sumber daya manusia, promosi, pesaing dan teknologi dan variabel dependennya adalah pengembangan pemasaran. Sampel penelitian ini adalah anggota KWT Sekar Arum berjumlah 29 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan kuesioner. Hasil analisis regresi faktor internal yang dianalisis yaitu produk, sumber daya manusia dan promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap pengembangan pemasaran keripik sayur Fori sedangkan faktor eksternal yaitu pesaing dan teknologi secara parsial tidak berpengaruh terhadap pengembangan pemasaran keripik sayur Fori. Secara simultan faktor internal dan eksternal berpengaruh signifikan terhadap pengembangan pemasaran keripik sayur Fori. Berdasarkan hasil kajian maka perlu dilakukan suatu upaya untuk merencanakan strategi pengembangan pemasaran keripik sayur Fori agar kedepannya kegiatan pemasaran keripik sayur Fori dapat berjalan lebih baik lagi dengan jangkauan pasar yang lebih luas. Desain pemberdayaan yang diambil adalah perluasan pasar dengan cara pemasaran online melalui media sosial Instagram.

Kata Kunci: Keripik Sayur Fori, Pengembangan Pemasaran, Pesaing, Produk, Promosi, Sumber Daya Manusia, Teknologi

 

ABSTRACT
This research aimed to determine the factors that influence the marketing development of Fori KWT Sekar Arum vegetable chips, Sumberagung Kapanewon Moyudan District, Sleman Regency. The research used descriptive quantitative causal methods, used multiple linear regression with independent variables, namely products, human resources, promotions, competitors and technology and the dependent variable was marketing development. The sample of this study were 29 members of KWT Sekar Arum. Sampling was done by purposive sampling method. Data was collected by means of interviews and questionnaires. The results of the regression analysis of internal factors analyzed, namely product, human resources and promotion, partially have a significant effect on the marketing development of Fori Vegetable Chips, while external factors, namely competitors and technology, partially have no effect on the marketing development of Fori Vegetable Chips. Simultaneously internal and external factors have a significant effect on the marketing development of Fori vegetable chips. Based on the results of the study, it was necessary to make an effort to plan a marketing development strategy for Fori vegetable chips so that in the future marketing activities for Fori vegetable chips can run better with a wider market reach. The empowerment design taken was market expansion by means of online marketing through social media Instagram.

Keywords: Competitors, Fori Vegetable Chips, Human Resources, Marketing Development, Product, Promotion, Technology


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alma, Buchari. 2018. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta

Badan Ketahanan Pangan. 2019. Indeks Ketahanan Pangan Indonesia 2019. Kementerian Pertanian Republik Indonesia

BPS. 2019. Kabupaten Sleman Dalam Angka 2019. Badan Pusat Statistik Kabupaten Sleman Limawandoyo, Eric Alamzah dan Agustinus Simanjuntak. 2013. Pengelolaan dan Pengembangan

Sumber Daya Manusia PT Aneka Sejahtera Engineering. Jurnal Manajemen Bisnis Petra Vol 1 (2)

Listianto, Agil, Ari Pradhanawarti dan Widiartanto. 2014. Pengaruh Promosi, Intensitas Persaingan dan Kebijakan Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Bandeng Presto Sentra Usaha Bandeng Presto Kelurahan Tambakrejo Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Vol 3 (4) Hal 1-7

Made, Muhammad Gigih. 2015. Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Surat Kabar Harian Suara Merdeka. Jurnal Administrasi dan Bisnis Vol 4 (2) Hal 1-12

Santoso, Krestiawan Wibowo, Hsndoyo Djoko Waluyo dan Sari Listyorini. 2013. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Permen Tolak Angin di Semarang. Jurnal Sosial dan Politik Diponegoro Hal 1-10

Suhendra, Winda. 2013. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Bauran Pemasaran Pada Sentra Industri Kecil Keripik Nenas di UD Berkah JL Soebrantas/BatasKota Panam Pekanbaru. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Taib, Gunarif, Asmawi dan Novi Elian. 2017. Kajian Adobsi Teknologi Untuk Meningkatkan Daya Saing Industri Pangan Skala Kecil di Sumatera Barat. Jurnal Teknologi Pertanian Andalas Vol 21 (1) Hal 52-57


Refbacks

  • There are currently no refbacks.