Strategi Pengembangan Usahatani Kopi Arabika (Kasus Pada Kelompok Tani Pusparahayu di Desa Puspamukti, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat)
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu mengidentifikasi faktor internal dan faktor eksternal dalam usahatani kopi arabika guna merumuskan alternatif strategi dalam pengembangan usahataninya. Penelitian ini dilakukan pada kelompok tani Pusparahayu di Desa Puspamukti Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya.
Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja (purposive) dengan alasan kelompok tani Pusparahayu merupakan salah satu penghasil kopi arabika di Tasikmalaya yang memiliki potensi untuk dapat dikembangkan secara kontinyu. Hasil Penelitian mengatakan alternatif strategi yang dihasilkan adalah strategi S-O (StrengthOpportunities) yaitu mendukung strategi agresif yaitu menggunakan kekuatan untuk dapat memanfaatkan peluang. Prioritas strategi yang telah dianalisis melalui matriks QSPM adalah optimalisasi motivasi petani dan penerapan teknologi dalam meningkatkan produksi untuk memenuhi permintaan pasar.
Full Text:
PDFReferences
Ari Arsyadi F, Elvira Iskandar, Fajri. 2017. Strategi pengembangan usaha pengolahan kopi arabika Studi kasus: usaha “kampung kupi gayo”, kabupaten aceh tengah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian Unsyiah Volume 2, Nomor 4.
Asep Saepul a, Marthen C. 2019. Strategi pengembangan usaha tani kopi arabika (studi kasus di desa gunungsari, kecamatan Sukanagara kabupaten cianjur). Jurnal agrita vol 1. No. 1.
Freddy Rangkuti. 2003. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Ikhsan, S dan Aid, A. 2011. Analisis SWOT Untuk Merumuskan Strategi Pengembangan Komoditas Karet di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah. Jurnal Agrobisnis Perdesaan, 1(3).
Muhammad Arsyd, Saiful D dan Lien D. 2018. Analisis Pendapatan Dan Strategi Pengembangan Cabai Merah Di Desa Tibo Kecamatan Sindue Kabupaten Donggala. Jurnal Agroland 25 (3) :214-223
Nazir, M. 2011. Metode Penelitian. Cetakan Keempat, Jakarta: Ghalia Indonesia Pusat data dan informasi pertanian. 2017.
Outlook kopi 2017 komoditas pertanian subsektor perkebunan.
Ramadhan, A dan Sofiyah, F.R. 2013. Analisis SWOT sebagai landasan dalam menentukan strategi pemasaran (Studi McDonald’s Ring Road). Jurnal Manajemen, 1(4).
Retno Rahmawati Pratiwi. 2016. Hambatan dan Strategi Pengembangan Usahatani
Kopi dalam Upaya Peningkatan Produksi. Economics Development Analysis Journal 5 (2).
Rika Hariance, Rudi F, Faidil Tanjung. 2016. Strategi pengembangan agribisnis kopi robusta Di kabupaten solok. Jurnal Agrisep Vol 15 No.1.
Refbacks
- There are currently no refbacks.