slot gacor
MINAT ANGGOTA KELOMPOK TANI TERHADAP PEMANFAATAN LIMBAH ORGANIK SEBAGAI PUPUK KOMPOS DI KELURAHAN PRENGGAN KEMANTREN KOTAGEDE KOTA YOGYAKARTA D. I. YOGYAKARTA | Muriyati | Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian

MINAT ANGGOTA KELOMPOK TANI TERHADAP PEMANFAATAN LIMBAH ORGANIK SEBAGAI PUPUK KOMPOS DI KELURAHAN PRENGGAN KEMANTREN KOTAGEDE KOTA YOGYAKARTA D. I. YOGYAKARTA

Laras Eri Muriyati, Epsi Euriga, Totok Sevenek Munanto

Abstract


Pengolahan sampah masih menjadi masalah yang perlu diselesaikan, salah satu solusinya adalah mengolah sampah organik menjadi pupuk kompos. Kajian ini memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat minat anggota kelompok tani terhadap pemanfaatan limbah organik sebagai pupuk kompos di Kelurahan Prenggan, Kemantren Kotagede, Kota Yogyakarta, D. I.  Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan kuisioner yang sudah diuji validitas pertanyaannya terhadap 35 responden. Dari hasil kajian didapatkan bahwa tingkat minat anggota kelompok tani terhadap pemanfaatan limbah organik menjadi pupuk kompos memperoleh hasil bahwa aspek kebiasaan memiliki nilai pencapaian 318 dari nilai skor maksimal 525 dengan persentase 60,6% dikategorikan sedang. Aspek keinginan memiliki nilai pencapaian 467 dari nilai skor maksimal 525 dengan persentase 89% dikategorikan tinggi. Aspek kebutuhan memiliki nilai pencapaian 456 dari nilai skor maksimal 525 dengan persentase 86,9% dikategorikan tinggi. Maka dari itu perlu adanya peningkatan kebiasaan dalam hal ini berkaitan dalam pengolahan sampah organik menjadi pupuk kompos. Upaya meningkatkan keterampilan yaitu dengan adanya pemberdayaan penyuluhan.

Full Text:

PDF

References


Erliadi. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Petani Menggunakan Benih Varietas Unggul Pada Usahatani Padi Sawah (Oryza sativa L). Jurnal Penelitian Agrisamudra. 2 (1), 91–100.

Erviana, V. Y., A. A. Mudayana, dan I. Suwartini. (2019). Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengolahan Limbah Organik. Jurnal Solma. 8 (2), 339.

Hidayat, A. N., K. Saleh, dan F. H. Saragih. (2019). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Minat dalam Mengembangkan Ternak Sapi Potong. Jurnal Agrica, 12 (1), 41.

Prastia, R. H., W, S. U. M., dan C. Wardoyo. (2017). Faktor - Faktor yang Memengaruhi Perilaku Produktif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Angkatan Tahun 2013. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2 (2), 238–245.

Purwaningsih, W. (2019). Pengaruh Tingkat Pendidikan Terhadap Minat Pemuda Usia 21 - 30 Tahun pada Sektor Pertanian di Kecamatan Kaliori Kabupaten Rembang Tahun 2019. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Putra, F. J., T. Dalmiyatun, dan A. S. Prasetyo. (2021). Pengaruh Motivasi, Lingkungan dan Pengalaman Pemuda Tani dalam Melanjutkan Usahatani Kopi di Desa Kalurahan Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang. Jurnal Agrinika : Jurnal Agroteknologi dan Agribisnis, 5 (1), 30.

Reba, Y. A., dan F. Hakim. (2021). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Keterampilan Belajar Mahasiswa. Jurnal Bikotetik, 5 (2), 63–71.

Sagita, V. (2021). Respon Petani terhadap Penggunaan Pupuk Organik Cair Urine Kambing pada Tanaman Padi (Oryza sativa L.) di Kalurahan Canden Kapanewon Jetis Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. 15 (2), 1–23.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Wicaksono, I. A. (2020). Peran Penyuluh Pertanian Lapang (PPL) dalam Pemberdayaan Petani di Kelompok Tani Sri Widodo Desa Lubang Lor Kecamatan Butuh Kabupaten Purworejo. Jurnal Riset Agribisnis dan Peternakan, 5 (1), 61–69.




DOI: https://doi.org/10.55259/jiip.v30i2.833