BAURAN PROMOSI OLAHAN DAUN KELOR (STUDI KASUS KWT NGUDI REJEKI DESA TRIRENGGO KECAMATAN BANTUL KABUPATEN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
Abstract
The study aimed to to descriptively compare between the on line and off line promotion according to the product, market, customer, and budget at the Group of Women Farmers Ngudi Rejeki. The Research was carried out in Kalurahan Trirenggo subdistrict, Bantul Regency of Bantul, from November 2020 to June 2021. The research method used interviews and questionnaire. The study involved 30 respondents who divided to producers and consumers of processed Moringa were selected by sampling saturated and accidental sampling. The data analysis used descriptive methods. The results of the study showed that the offline promotion product, markets, customers and budgets in the offline promotion were bit higher than online promotion. It means that the offline promotion could increase the product sale than online promotion. This condition because the producer has conducted ofline promotion better than online promotion.
Keywords: promotion mix, processed moringa, woman farmer group
ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan secara desriptif promosi online dan offline olahan daun kelor KWT Ngudi Rejeki ditinjau dari faktor produk, pasar, pelanggan dan anggaran. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2020 - Juni 2021 di Kalurahan Trirenggo Kapanewon Bantul Kabupaten Bantul. Metode penelitian menggunakan wawancara dan kuisioner. Kajian ini melibatkan 30 responden yang terdiri atas produsen dan konsumen olahan kelor yang dipilih secara sampling jenuh dan accidental sampling. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor produk, faktor pasar, faktor pelanggan dan faktor anggaran dalam promosi offline sedikit lebih tinggi dari promosi online, sehingga tingkat promosi yang lebih efektif mempengaruhi bauran promosi adalah promosi secara offline. Rendahnya promosi online menunjukkan bahwa perlu adanya sosialisasi tentang promosi online menggunakan facebook agar dapat meningkatkan promosi online.
Kata kunci: bauran promosi, olahan kelor, kelompok wanita tani
Full Text:
PDFReferences
Ahyuna, Hamzah, M. D., & HM, M. N. (2013). Pemanfaatan Internet Sebagai Media Promosi Pemasaran. Jurnal Komunikasi KAREBA, 2(1), 30—40. http://journal.unhas.ac.id/index.php/k areba/article/view/346
Gujarati, D., & Porter, D. (2010). Desain Kemasan Produk. April, 1—6.
Ishak, A. (2012). Guru honorer swasta merasa dianaktirikan. Jurnal Siasat Bisnis, 16(2), 141—154. https://posmetropadang.co.id/guru- honorer-swasta-merasa-dianaktirikan/
Jamaludin, A., Arifin, Z., & Hidayat, K. (2015). Keputusan Pembelian (Survei Pada Pelanggan Aryka Shop di Kota Malang). Pengaruh Promosi Online Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian, 21(1), 1—8.
Krisnadi, A Dudi. (2015). Edisi revisi maret 2015. Kelor Super Nutrisi.
Saputra, M. I. T. (2016). (Studi Kasus pada PT Hero Sakti Motor Gemilang Pusat Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 38(1), 191—199. https://media.neliti.com/media/public ations/87321-ID-pengaruh-biaya- bauran-promosi-terhadap-o.pdf
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. ALFABETA CV.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). ALFABETA CV.
Tharob, G. F., Mingkid, E., & Paputungan, R. (2017). Analisis Hambatan Bisnis Online Bagi Mahasiswa Unsrat. “Acta Diurna,” 6(2), 4.
Widayati, K. D. (2018). Implementasi SWOT Strategi Pemasaran Online dan Offline Pada PT Roti Nusantara Prima Cabang Jatiasih, Bekasi. Jurnal Sekretari dan Manajemen, 2(2), 209—2016. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index. php/widyacipta
DOI: https://doi.org/10.55259/jiip.v28i2.677
View My Stats