slot gacor
STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR LELANG CABAI (Studi Kasus Pasar Lelang Cabai di Kabupaten Sleman D.I Yogyakarta) | Yulianto | Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian

STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR LELANG CABAI (Studi Kasus Pasar Lelang Cabai di Kabupaten Sleman D.I Yogyakarta)

Gunawan Yulianto, Shelva Aprilia, RR. Siti Astuti

Abstract


Kajian ini bertujuan untuk merumuskan faktor internal dan eksternal Pasar Lelang Cabai Kabupaten Sleman serta merumuskan strategi yang diterapkan dalam pengembangan Pasar Lelang Cabai Kabupaten Sleman. Kajian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dilaksanakan bulan Februari s.d Juni 2020 di Pasar Lelang Cabai Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Data yang digunakan adalah data sekunder dan data primer dengan metode pengumpulan data secara triangulasi meliputi wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Penentuan informan kajian secara purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis SWOT. Analisa kajian meliputi  faktor-faktor utama lingkungan internal dan eksternal, diidentifikasi dengan matriks IFAS dan EFAS. Hasil dari matriks IFAS dan EFAS digunakan untuk dasar penyusunan strategi alternatif dengan matriks SWOT dan matriks IE. Tahap terakhir yaitu pengambilan keputusan dari alternatif strategi yang ada menggunakan QSPM yang menghasilkan prioritas strategi. Prioritas strategi yang dapat direkomendasikan untuk diterapkan terlebih dahulu oleh Pasar Lelang Cabai Kabupaten Sleman adalah mempertahankan dan meningkatkan kualitas dan kuantitas cabai di pasar lelang untuk menjamin kepuasan pedagang dengan memanfaatkan teknologi dan dukungan dari Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman. 


Full Text:

PDF

References


Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi. (2017). Pasar Lelang Komoditas Memperpendek Mata Rantai Perdagangan. Jakarta.

Badan Pusat Statistik Sleman. (2019). Kabupaten Sleman dalam Angka 2019. Sleman

Badan Pusat Statistik. (2019). Pola Distribusi Perdagangan Komoditas Strategis. Jakarta

David, Fred R. (2009). Konsep Manajemen Strategis (Edisi 12). Jakarta: Salemba Empat.

David, Fred R. (2016). Manajemen Strategik Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing (Edisi 15). Jakarta: Salemba Empat.

Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman. (2018). Data Cabai Kabupaten Sleman. Sleman

Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman. (2018). Data Statistik Hortikultura Tahun 2018. Sleman

Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman. (2019). Programa Penyuluhan Pertanian, Pangan dan Perikanan Kehutanan Sleman Tahun 2019. Sleman

Pemerintah Kabupaten Sleman. (2020). Letak dan Luas Wilayah . http://www.slemankab.go.id/profil-kabupaten-sleman/geografi/letak-dan-luas-wilayah. Diakses 01 April 2020.

Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta. (2019). Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta

Rangkuti, Freddy. (2016). Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryowati, E. (2016). BPS : Rantai Distribusi Cabai Merah Paling Panjang. https://money.kompas.com/read/2016/02/01/133639726/BPS.Rantai.Distribusi.Cabai.Merah.Paling.Panjang. Diakses pada 21 Desember 2019.

Suyanto., B, Sutinah. (2015). Metode Penelitian Sosial Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Swastika., S, Pratama., D, Hidayat., T, Andri., K, B. (2017). Buku Petunjuk Teknis Teknologi Budidaya Cabai Merah. Riau: UR Press.




DOI: https://doi.org/10.55259/jiip.v27i1.549

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats